Rabu, 19 September 2018 – 19:45 WIB

Arena Turnamen Australian Open Dinyatakan Aman

Senin, 08 Januari 2018 – 20:00 WIB
Arena Turnamen Australian Open Dinyatakan Aman - JPNN.COM

Salah satu lapangan utama untuk turnamen tenis Australia Open minggu depan memiliki balok yang mudah terbakar pada eksteriornya. Namun pihak berwenang mengatakan bahwa para penggemar olahraga tenis akan dapat menyaksikan pertandingan itu dengan aman di Arena Stadion Hisense di Melbourne.

Informasi yang diperoleh ABC mengungkapkan bahwa penggunaan beton pelapis berbahaya yang mudah terbakar itu ditemukan di arena berkapasitas 10.000 tempat duduk itu setelah sebuah audit yang dilakukan oleh Lembaga Melbourne dan Taman Olimpiade tahun lalu mendapati bahwa sampai 20 persen bangunan memiliki bahan-bahan yang mencurigakan.

Lembaga pengelola taman olimpiade dan Melbourne akan menyingkirkan beton pelapis itu sebagai bagian dari pekerjaan pemugaran awal tahun depan.

Kepala Eksekutif Lembaga Taman Olimpiade, Brian Morris mengatakan bahwa arena utama tersebut "benar-benar aman".

"Kami telah melakukan hal-hal seperti menghilangkan titik yang berpotensi menyulut api, kami telah menambahkan staf tambahan untuk meninjau area yang mungkin berisiko, kami mungkin telah meningkatkan kemampuan respon kami dan Brigade Kebakaran Melbourne (MFB-Metropolitan Fire Brigade] akan berjaga saat turnamen Australia Terbuka, "katanya.

Pemerintah Negara Bagian Victoria mengatakan bahwa situs tersebut aman dan pihak berwenang telah memberikan lampu hijau bagi arena Hisense untuk terus beroperasi.

Lapisan dinding beton atau ‘cladding’ menjadi perhatian menyusul peristiwa kebakaran yang mematikan di Grenfell, London, Inggris dan kebakaran tanpa korban tewas di apartemen Docklands Lacrosse.

November lalu, sebuah laporan interim dari auditor menemukan bahwa dinding pelapis beton yang mudah terbakar bisa menjadi risiko pada 1.400 bangunan-bangunan di Victoria, di mana bahan yang berpotensi mematikan juga berhasil diidentifikasi di delapan rumah sakit.

kerusakan pasca kebakaran
Bekas kerusakan pasca kebakaran di park Tower di Melbourne Selatan pada tahun 2017.

Supplied: John Lowndes

Dinding pelapis itu terbakar dengan sangat cepat saat tersulut api.

Pihak berwenang telah menyalahkan kurangnya peraturan yang tepat dan kegagalan untuk memberantas bahan-bahan ilegal yang diimpor sebagai alasan untuk maraknya proliferasi produk murah pada bangunan selama dua dekade terakhir.

Pemerintah Victoria mengawasi pembangunan Hisense Arena, yang dibuka pada tahun 2000.

Tahun lalu, program ABC 7:30 berhasil mengungkapkan bahwa AAMI Park, stadion yang berada di sekitar stadion Hisense Arena yang juga menjadi tuan rumah bagi pertandingan kelas dunia untuk cabang olahraga sepak bola, liga Rugby dan olahraga musim dingin serta konser-konser besar termasuk Bruce Springsteen dan Sia juga memiliki dinding pelapis polimer poliuretan.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar