Arif Rahman: Kami Siapkan Perubahan Organisasi untuk Kebangkitan UMKM

Arif Rahman: Kami Siapkan Perubahan Organisasi untuk Kebangkitan UMKM
Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim mengatakan akan melakukan perubahan organisasi untuk mendukung kebangkitan UMKM. Foto: Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyiapkan penyesuaian organisasi untuk membangkitkan UMKM dan perekonomian di Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan, tahun ini pemerintah melakukan beberapa persiapan untuk mendukung UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami sudah melakukan beberapa persiapan, melakukan penyesuaian organisasi yang ada di KemenkopUKM, menyesuaikan dengan perkembangan yang ada terhadap UMKM,” kata Arif, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (11/2).

Menurutnya, penyesuaian organisasi itu memungkinkan adanya Deputi Bidang Usaha Mikro yang bertugas melakukan transformasi pelaku usaha mikro dari informal ke formal.

Deputi tersebut akan melakukan pendampingan dan penyediaan mentor, baik di pusat ataupun di daerah.

"Mentor tersebut PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah), pendampingan seperi PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) yang dikoordinir oleh dinas yang membidangi koperasi dan UKM di daerah," terang Arif.

Selain itu, ada Deputi Bidang UKM yang memiliki tugas menyiapkan pelaku usaha terutama yang berorientasi dan berkontribusi terhadap ekspor.

"Ditargetkan meningkatkan kontribusi UKM terhadap ekspor dari 14 persen menjadi 15,12 persen," katanya.

Kemenkop UKM siap melakukan perubahan organisasi demi membangkitkan UMKM Indonesia. Menurut Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengatakan persiapan sedang dilakukan oleh kementerian tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News