JPNN.com

Arif Rahman: Kami Siapkan Perubahan Organisasi untuk Kebangkitan UMKM

Kamis, 11 Februari 2021 – 12:13 WIB
Arif Rahman: Kami Siapkan Perubahan Organisasi untuk Kebangkitan UMKM - JPNN.com
Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim mengatakan akan melakukan perubahan organisasi untuk mendukung kebangkitan UMKM. Foto: Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyiapkan penyesuaian organisasi untuk membangkitkan UMKM dan perekonomian di Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan, tahun ini pemerintah melakukan beberapa persiapan untuk mendukung UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami sudah melakukan beberapa persiapan, melakukan penyesuaian organisasi yang ada di KemenkopUKM, menyesuaikan dengan perkembangan yang ada terhadap UMKM,” kata Arif, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (11/2).

Menurutnya, penyesuaian organisasi itu memungkinkan adanya Deputi Bidang Usaha Mikro yang bertugas melakukan transformasi pelaku usaha mikro dari informal ke formal.

Deputi tersebut akan melakukan pendampingan dan penyediaan mentor, baik di pusat ataupun di daerah.

"Mentor tersebut PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah), pendampingan seperi PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) yang dikoordinir oleh dinas yang membidangi koperasi dan UKM di daerah," terang Arif.

Selain itu, ada Deputi Bidang UKM yang memiliki tugas menyiapkan pelaku usaha terutama yang berorientasi dan berkontribusi terhadap ekspor.

"Ditargetkan meningkatkan kontribusi UKM terhadap ekspor dari 14 persen menjadi 15,12 persen," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...