Armada Amerika Berulah, Tiongkok Kirim Kapal Perang, Jet Tempur dan Drone

Armada Amerika Berulah, Tiongkok Kirim Kapal Perang, Jet Tempur dan Drone
Armada kapal perang Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok. Foto: PLA

jpnn.com, BEIJING - Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mengirimkan pasukan lengkap ke dua wilayah perairan sekaligus, Laut China Selatan (LCS) dan Selat Taiwan.

Laman resmi militer Tiongkok yang dipantau ANTARA, Jumat (21/8), memperlihatkan foto-foto kapal perusak Hohhot (Hull-161) milik Komando Armada Selatan PLA yang sedang berlayar di perairan LCS.

Laman itu menuliskan penampakan kapal di LCS terjadi pada Kamis (20/8) pagi.

Sehari sebelumnya, PLA mengeluarkan pernyataan bahwa Komando Armada Timur mengirimkan pasukan laut dan udara ke Selat Taiwan untuk melacak dan memantau pergerakan USS Mustin, kapal perusak milik Amerika Serikat, yang berlayar melintasi Selat Taiwan pada Selasa (18/8).

Para pengamat militer Tiongkok memperkirakan kapal perang AS itu mendekati area pengawasan kapal perang, pesawat tempur, dan radar PLA sehingga harus segera dihentikan kalau melintasi garis merah.

Juru bicara Komando Armada Timur PLA Kolonel Senior Zhang Chunhui mengatakan bahwa AS terus melakukan tindakan negatif di Taiwan sehingga mengancam stabilitas lintas-selat.

Menurut dia, USS Arleigh Burke yang merupakan kapal perusak radar terpantau melakukan transit rutin di Selat Taiwan pada Selasa.

Dalam setahun, sudah ada 10 kapal perang AS yang transit di Selat Taiwan, kata Zhang.

Antisipasi pergerakan Amerika, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mengirimkan pasukan lengkap ke dua wilayah perairan sekaligus

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News