Armada II Ganti Panglima Komando

Armada II Ganti Panglima Komando
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Tradisi rutin dilakukan Armada II jelang serah terima jabatan (sertijab) Pangkoarmada. Yakni, melakukan fleet commander inspection alias pemeriksaan kapal perang sebelum tongkat komando kepemimpinan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II diserahterimakan.

Pagi itu Pangkoarmada II Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono bersama Laksda TNI Mintoro Yulianto melakukannya. Mereka menginspeksi kapal-kapal perang yang tengah sandar di Pangkalan Koarmada II dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Bawean. "Ini adalah tradisi di lingkungan TNI-AL," kata Didik.

"Gorafira, madya jala," teriak para prajurit dari atas kapal. Mereka meneriakkan yel-yel dan semangat TNI-AL itu saat Pangkoarmada II melewati kapal-kapal mereka. Ada KRI Frans Kaisiepo, KRI Karel Satsuit Tubun, KRI Teluk Sampit, dan kapal-kapal lainnya. 

Selain untuk menginspeksi kapal-kapal perang, kesempatan tersebut dijadikan momen perpisahan oleh Panglima Laksda TNI Didik Setiyono. Sebab, dia akan meninggalkan jabatan Pangkoarmada II dan digantikan Laksda TNI Mintoro Yulianto.

Ucapan maaf dan terima kasih dari Laksda Didik didengarkan seluruh prajurit yang hadir pagi itu. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan panglima baru. Perpisahan dan perkenalan tersebut disiarkan melalui radio telekomunikasi yang bisa didengarkan KRI se-Indonesia. (yon/c6/ano) 

Selain untuk menginspeksi kapal-kapal perang, kesempatan tersebut dijadikan momen perpisahan oleh Panglima Laksda TNI Didik Setiyono


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News