Arsenal 4-2 Spurs: Unai Emery Samai Rekor Arsene Wenger

Arsenal 4-2 Spurs: Unai Emery Samai Rekor Arsene Wenger
Pemain Arsenal merayakan gol. Foto: premierleague

jpnn.com, LONDON - Derbi London Utara ke-196 antara Arsenal vs Tottenham Hotspur di Emirates Stadium, Minggu (2/12) berakhir dramatis.

Dua penalti yang dipertanyakan, satu kartu merah, dan beberapa kali friksi antar-pemain mewarnai duel. Hasil akhirnya, Arsenal berhak menepuk dada karena mengungguli Tottenham Hotspur 4-2 di Emirates Stadium tadi malam WIB (2/12).

Kemenangan itu membuat Arsenal untuk kali pertama bersama pelatih Unai Emery berada di atas Spurs dalam klasemen sementara Premier League musim ini. St Totteringham’s Day, begitu Gooners –sebutan fans Arsenal– memberikan julukan atas konfigurasi klasemen tersebut.

Memang Arsenal menduduki posisi lebih baik hanya karena selisih gol lebih baik. Secara poin, The Gunners dan Spurs sama-sama 30 poin. Kompetisi juga baru berlangsung dalam 14 matchweek. Tapi, Gooners bisa berharap banyak bahwa Spurs tidak akan berhasil mencatat hat-trick selalu finis di atas Arsenal musim ini.

”Memenangi pertandingan bertajuk derbi selalu spesial,” kata Emery sebagaimana dilansir di laman resmi klub.

Pelatih asal Hondarribia, Spanyol, itu pun sukses mengekor jejak Arsene Wenger dan Don Howe yang menang dalam derbi London Utara perdananya.

Gol-gol kemenangan Arsenal dicetak Pierre-Emerick Aubameyang melalui penalti pada menit ke-10 dan ke-56. Alexandre Lacazette (75’) dan Lucas Torreira (77’) menambahkan dua gol lainnya. Sementara itu, Spurs mengoyak gawang Bernd Leno lewat Eric Dier (30’) dan penalti Harry Kane (34’).

Meski timnya kalah, Kane mencatat rekor dengan menyamai torehan delapan gol Emmanuel Adebayor dalam derby London Utara. Itu adalah jumlah gol terbanyak yang diciptakan seorang pemain dalam derbi London Utara di ajang Premier League. Tapi, Kane yang mencetak 8 gol di Premier League musim ini masih kalah oleh Aubameyang yang memuncaki daftar Golden Boot dengan 10 gol.

Untuk pertama kalinya musim ini, Arsenal berada di atas Tottenham Hotspur dalam klasemen sementara Premier League.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News