ART Minta Pemerintah Tambah STB Gratis untuk Warga yang Berhak

ART Minta Pemerintah Tambah STB Gratis untuk Warga yang Berhak
Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komite I DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) meminta pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menambah pengadaan set top box atau STB gratis untuk siaran TV digital.

Menurut dia, program migrasi siaran TV analog ke digital melalui Analog Switch Off (ASO) memang sudah menjadi tuntutan perkembangan teknologi sekaligus amanat UU.

Program tersebut dinilai punya manfaat sangat besar baik secara sosial, ekonomi, serta perkembangan teknologi bagi industri penyiaraan dan masyarakat dengan hadirnya siaran tV berkualitas.

"Patutlah kita memberikan apresiasi terhadap program pemerintah tersebut yang pada 2022, pemerintah menyediakan 1,2 juta set top box buat masyarakat miskin, dan sekitar 99,8 persen sudah tersalurkan bagi masyarakat yang hanya punya televisi analog," ujar Abdul Rachman, Selasa (7/2).

Namun demikian, dia mengingatkan pemerintah bahwa propam ASO jangan sampai menimbulkan persoalan baru. Sebab, jumlah warga tidak mampu yang membutuhkan STB itu tidak hanya 1,2 juta orang.

"Tentunya ini akan menjadi masalah besar jika tidak diatasi oleh pemerintah, karena warga miskin di negeri ini bukan hanya 1,2 juta orang," ucap senator yang beken disapa dengan inisial ART itu.

Dia juga sudah mengingatkan Menkominfo Johnny G Plate dalam rapat kerja dengan Komite I DPD RI pada Senin (6/2) kemarin. Sebab, Kominfo ternyata tidak lagi menganggarkan pengadaan STB gratis pada 2023 ini.

"Jadi, di mana rasa keadilan pemerintah dalam hal pemerataan pembagian STB tersebut. Tentu masyarakat akan mempertanyakan jika tidak mendapatkan hak-haknya (mendapat STB) seperti warga miskin lainnya" ucap ART.

Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) minta pemerintah menambah pengadaan STB gratis untuk dibagikan kepada warga yang berhak serta terdampak ASO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News