Artis Australia Pimpin Peringatan Global Protes Tiananmen

Artis Australia Pimpin Peringatan Global Protes Tiananmen
Artis Australia Pimpin Peringatan Global Protes Tiananmen

Tanggal 4 Juni adalah tanggal yang sangat diingat oleh China, bahkan meski negara lebih memilih untuk melupakannya.

Ini menandai peringatan pembantaian Tiananmen di mana Beijing menggunakan kekuatan untuk menekan demonstran mahasiswa di Lapangan Tiananmen.

Pembantaian Tiananmen adalah penindasan keras pemerintah China terhadap protes pro-demokrasi, yang berlangsung selama beberapa bulan pada tahun 1989.

The "Tankman", seorang pria misterius yang menghadang 18 tank, menjadi salah satu gambar paling simbolis abad ke-20, setelah fotografer Jeff Widener menangkap adegan dari balkon kamar hotel di Beijing.

Tahun ini menandai ulang tahun ke 29, dan seniman Australia-China Badiucao - yang menyamarkan dirinya karena takut pembalasan dari Pemerintah China - telah meminta orang di seluruh dunia untuk membuat ulang gambar menggunakan tagar #tankmen2018.

"Setelah bertahun-tahun, kami masih perlu melewati sensor melalui berbagai cara untuk membicarakan masalah ini," kata Badiucao kepada program ABC The World.

"Ini memalukan bagi negara dan dosa bagi pemerintah."

Artis Australia Pimpin Peringatan Global Protes Tiananmen Photo: Protes Tankman oleh seorang pemuda di Sydney (Supplied)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News