Senin, 17 Desember 2018 – 14:10 WIB

Artis Australia Pimpin Peringatan Global Protes Tiananmen

Selasa, 05 Juni 2018 – 14:00 WIB
Artis Australia Pimpin Peringatan Global Protes Tiananmen - JPNN.COM

Tanggal 4 Juni adalah tanggal yang sangat diingat oleh China, bahkan meski negara lebih memilih untuk melupakannya.

Ini menandai peringatan pembantaian Tiananmen di mana Beijing menggunakan kekuatan untuk menekan demonstran mahasiswa di Lapangan Tiananmen.

Pembantaian Tiananmen adalah penindasan keras pemerintah China terhadap protes pro-demokrasi, yang berlangsung selama beberapa bulan pada tahun 1989.

The "Tankman", seorang pria misterius yang menghadang 18 tank, menjadi salah satu gambar paling simbolis abad ke-20, setelah fotografer Jeff Widener menangkap adegan dari balkon kamar hotel di Beijing.

Tahun ini menandai ulang tahun ke 29, dan seniman Australia-China Badiucao - yang menyamarkan dirinya karena takut pembalasan dari Pemerintah China - telah meminta orang di seluruh dunia untuk membuat ulang gambar menggunakan tagar #tankmen2018.

"Setelah bertahun-tahun, kami masih perlu melewati sensor melalui berbagai cara untuk membicarakan masalah ini," kata Badiucao kepada program ABC The World.

"Ini memalukan bagi negara dan dosa bagi pemerintah."

Dia juga meminta orang-orang untuk menampilkan gambar Peppa Pig dan Winnie the Pooh, yang telah menjadi subjek penyensoran di China.

Dia mengatakan simbol-simbol ini telah menjadi citra modern Tankman.

"Banyak orang berpikir ini adalah sesuatu yang terjadi sejak lama, tetapi banyak orang bahkan tidak tahu apakah itu masih relevan hari ini," kata Badiucao.

"Jadi, godaan saya melibatkan sosok Tankman dengan ikon resistensi online terbaru.

"Tantangan telah diambil oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Toronto, Washington, dan Canberra.

Peringatan tetap dilarang di Tiongkok

Tanks roll through Tiananmen Square on June 4, 1989, the day of the massacre (Photo: Reuters/Arthur Tsang) Video: Tanks roll through Tiananmen Square on June 4, 1989, the day of the massacre (Photo: Reuters/Arthur Tsang) (ABC News)

Namun, meskipun ia mendorong publik untuk bergabung dengan kampanye, Badiucao menyarankan orang-orang yang tinggal di daratan China tidak melakukan Tankman di depan umum karena peringatan masih dilarang di sana.

"Hari ini, China masih rezim yang sama yang akan menindas hak asasi manusia seperti apa yang mereka lakukan pada 1989," kata Badiucao.

"Jadi saya pikir sangat penting bagi kita untuk mengingat apa yang terjadi dan melanjutkan gairah dan semangat membawa perubahan kepada masyarakat untuk membuatnya lebih bebas dan [menciptakan] lebih banyak demokrasi di Tiongkok."

Beberapa hari yang lalu, Guo Yi, Chen Siming dan He Jiawei dilaporkan dipenjara di pusat penahanan kota Zhuzhou karena memegang tanda di depan tank untuk memperingati pembantaian.

Pengguna media sosial juga tidak diperbolehkan mengubah headshots atau alias mereka di WeChat, karena pemeliharaan sistem - pemeliharaan yang sama yang dilaporkan terjadi setiap tahun.

Di Beijing, metro di Stasiun Muxidi telah ditutup sejak 13:00 pada tanggal 3 Juni, di mana kekerasan terbanyak terjadi, menurut klaim oleh banyak saksi.

Meskipun mereka tidak dapat memperingati ulang tahun di publik atau online, negara telah sangat terpengaruh selama 29 tahun terakhir.

Sebanyak 128 Ibu Tiananmen, yang kehilangan anak-anak mereka dalam pembantaian itu, mempublikasikan sebuah surat terbuka kepada Presiden China Xi Jinping, yang merinci bagaimana kehidupan mereka tercerai berai.

"Selama lebih dari 29 tahun, tidak ada pejabat Pemerintah yang pernah menyapa anggota keluarga atau mengatakan maaf kepada mereka," tulis mereka.

"Pembantaian yang mengejutkan dunia sepertinya tidak pernah terjadi.

'Seteguk kebebasan pada momen bersejarah'

Salah satu dari 21 pemimpin mahasiswa yang dicari oleh Pemerintah China setelah pembantaian, Zhou Fengsuo, yang dikenal sebagai pendiri stasiun radio gerakan mahasiswa di Lapangan Tiananmen, berpartisipasi dalam peringatan tahun ini di Washington.

Zhou adalah seorang mahasiswa fisika di Universitas Tsinghua, tetapi secara tidak sengaja dia dihadapkan ke polisi ketika saudara perempuannya berusaha menemukannya pada hari-hari setelah pembantaian.

Dia dipenjara selama setahun dan pergi ke Amerika Serikat beberapa tahun setelah dibebaskan.

"Gerakan demokrasi pada 1989 adalah perayaan kebebasan karena orang-orang China menikmati setitik kebebasan pada momen bersejarah itu," kata Zhou.

Dua puluh sembilan tahun kemudian, Zhou mengatakan tanggal 4 Juni adalah hari tergelap dalam sejarah Tiongkok modern.

Dia mengatakan dia berharap lebih banyak orang akan memperingati pembantaian Tiananmen dengan cara mereka sendiri, seperti Badiucao.

Simbol untuk lebih dari sekadar Tiananmen

Namun, sensor brutal Pemerintah Tiongkok berarti generasi muda tidak memiliki akses ke informasi tentang bagian sejarah ini, sementara mereka dibombardir dengan propaganda dan menceritakan tentang perkembangan masyarakat.
Ini telah mengilhami Badiucao untuk mencoba berbagai cara untuk mempublikasikan ikon Tankman tanpa disensor, termasuk mendapatkan Tankwomen untuk mendukung Liu Xia, janda aktivis Liu Xiaobo, pemenang Hadiah Nobel pertama China yang tidak diakui yang meninggal tahun lalu, dan kampanye #MeToo China.

Jade Dussart, 26, seorang aktivis yang juga bekerja untuk sebuah LSM hak asasi manusia di Paris, tampil sebagai "Tankwoman" di jalan-jalan Paris pada hari Senin.

Dia mengatakan bahwa dia belajar tentang Tankman dalam buku sejarah di sekolah menengah, dan citra Tankman segera muncul di benaknya ketika dia mengunjungi Lapangan Tiananmen pada tahun 2012.

"Perempuan yang berani berbicara tentang pelecehan seksual, penyerangan, seksisme setiap hari adalah Tankwomen modern ... Kami juga perlu merayakan sosok aktivis perempuan di seluruh dunia," kata Dussart.

Dia mengatakan dia percaya Tankmen 2018 adalah cara non-kekerasan untuk memperjuangkan keadilan dan orang-orang harus menggunakan semua bentuk tekanan yang mungkin untuk memaksa Pemerintah Tiongkok untuk menghormati komitmen internasionalnya terhadap hak asasi manusia.

Minggu ini, orang-orang tampil di Canberra, Sydney, New York, Paris, Hong Kong, Washington, Auckland dan Toronto untuk mengenang tragedi itu.

Tankmen dan Tankwomen mengenakan kemeja putih dan celana hitam sambil memegang dua tas putih untuk mengingatkan orang-orang dari tokoh ikon ini.Dan berbagai meme satir politik telah beredar di internet di Cina.

Tens of thousands attend an annual candlelight vigil at Hong Kong's Victoria Park (Photo: AP/Kin Cheung) Video: Tens of thousands attend an annual candlelight vigil at Hong Kong's Victoria Park (Photo: AP/Kin Cheung) (ABC News)

Misalnya, telah disarankan bahwa Winnie the Pooh dan Peppa Pig dicetak pada tas yang dibawa oleh para pemain Tankmen.

Di Hong Kong, sebagai bagian dari acara peringatan, puluhan ribu orang berbaris menentang tindakan Pemerintah China.

Di Taiwan, diumumkan bahwa patung yang memperingati Liu Xiaobo akan diresmikan di gedung pencakar langit Taipei 101 bulan depan.

Dengan ulang tahun ke 30 tahun depan, Badiucao mengatakan dia akan mempersiapkan bentuk protes lain untuk menjaga pesannya tentang demokrasi dan sensor di China hidup.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

 
SHARES
Komentar