Aruna Gelar Bimtek Perikanan Tingkat I Sebagai Tindak Lanjut MSC

Aruna Gelar Bimtek Perikanan Tingkat I Sebagai Tindak Lanjut MSC
MSC berkolaborasi dengan Aruna menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perikanan Tingkat 1 pada September 2023 di Balikpapan, Kalimantan. Foto: dok Aruna

jpnn.com, JAKARTA - Marine Stewardship Council (MSC) berkolaborasi dengan Aruna menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perikanan Tingkat 1 pada September 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pionir integrated fisheries commerce di Indonesia itu akan menyelenggarakan bimtek dengan fokus pada fisheries.

Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan di Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Idnillah mengatakan pihaknya mendukung pengajuan sertifikasi MSC yang dilakukan oleh Aruna.

Menurut Idnillah, inisiatif ini merupakan awal yang baik untuk dapat meningkatkan kualitas ketertelusuran hasil perikanan, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

"Harapan kami, program ini dapat mendorong penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan dan mengoptimalkan legalitas kapal penangkapan ikan," ungkapnya.

Fisheries Manager Indonesia and Southeast Asia, Anthony Alvin berharap Bimtek Perikanan Tingkat 1 dapat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para pemangku kepentingan mengenai sertifikasi MSC dan Program Perbaikan Perikanan (Fisheries Improvement Program/FIP). '

MSC, Aruna, dan para pemangku kepentingan, terutama ujung tombak industri perikanan, yakni para nelayan, juga ikut terlibat dalam agenda ini.

“Konsep rencana aksi yang pragmatis dan konsisten pun telah disepakati oleh panel konsultatif yang dibentuk. Memang harus 360°—semua harus terlibat, sehingga praktik dan manajemen perikanan yang benar dan efektif pun dapat terwujud secara nyata," ujar Alvin.

MSC berkolaborasi dengan Aruna menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perikanan Tingkat 1 pada September 2023 di Balikpapan, Kalimantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News