Arus Balik diprediksi Mulai Hari Ini

Arus Balik diprediksi Mulai Hari Ini
Arus Balik diprediksi Mulai Hari Ini

jpnn.com - BANDARLAMPUNG  - Suasana di Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung pada hari raya Idul Fitri 1434 H terlihat sangat lengan. Tak nampak lalu lalang penumpang maupun kendaraan dari terminal terbesar di Provinsi Lampung tersebut.

Kendati demikian, pihak terminal melalui Dishub (dinas Perhubungan) Kota Bandarlampung tetap siaga tanpa mengurangi personel dilokasi tersebut. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh kepala terminal Induk Rajabasa kepada Radar Lampung (Grup JPNN), Kamis (8/8). Menurutnya, sudah tradisi jika pada Hari lebaran tak ada kesibukan arus maupun arus balik.
                
“Alhamdulillah armada yang ada baik AKAP maupun AKDP cukup, semua penumpang mudik bisa terangkut dan tak ada yang terlantar” tutur Antoni Makki. Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan bahwa untuk arus balik diprediksi mulai nampak pada H+1, itu pun jumlahnya sedikit lantaran libur hari raya yang cukup lama.

“Mungkin mulai besok (hari ini) baru ada penumpang lagi. Enggak mungkin kan mereka baru sehari masa sudah pergi lagi, apalagi libur lebaran cukup lama” terangnya. Antoni menjelaskan untuk puncak arus balik kemungkinan akan mengalami puncaknya pada hari sabtu dan minggu.

Hal itu dikarenakan pada hari senin sebagian besar instansi swasta dan pemerintah sudah mewjibkan pegawainya untuk masuk kerja.

Untuk jumlah armada yang disiapkan untuk arus balik lebaran 1434 H, pihak terminal masih berpatokan dengan jumlah armada yang disiapkan pada arus mudik. Jumlahnya yakni 130 bus, lalu ditambah dengan bus cadangan sebanyak 30 bus.

Dipihak lain, personel dari kepolisian yang berjaga di area terminal induk rajabasa juga tetap siaga di pos. Meski intensitas pattroli keliling berkurang lantaran aktifitas terminal yang sepi, mereka tetap waspada terhadap kejadian-kejadian yang dapat mengganggu arus balik.

“Personel kita juga masih sama seperti saat arus mudik lalu yaitu 40 personel. Mereka dibagi dua shift, masing-masing shift ada 20 polisi” terang Kaposyan (kepala Pos Pelayanan) Terminal Induk Rajabasa Iptu. M. Yusuf
 
Dalam pelayanan dan pengamanan arus balik, pihak kepolisian dipastikan tak jauh berbeda dengan arus mudik. “ Alhamdulillah selama arus mudik ini tak ada kejadian-kejadian yang merugikan, semuanya tertib. Hal ini juga yang akan tetap kita pertahankan agar para penumpang arus balik nyaman selama diterminal” tandasnya.(goy)


BANDARLAMPUNG  - Suasana di Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung pada hari raya Idul Fitri 1434 H terlihat sangat lengan. Tak nampak lalu lalang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News