Arus Balik, Mobil Pribadi dan Pejalan Kaki Mendominasi

Arus Balik, Mobil Pribadi dan Pejalan Kaki Mendominasi
Pelabuhan. Foto IST

jpnn.com, BAKAUHENI - Pelabuhan Bakauheni mulai dipadati pemudik yang akan kembali dari Pulau Sumatera ke Jawa, Jumat (30/6).

GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Eddy Hermawan menjelaskan, arus balik dari pagi hingga sore tadi masih didominasi pemudik sepeda motor dan penumpang pejalan kaki.

Diperkirakan, arus mobil pribadi akan meningkat malam ini.

Eddy mengatakan, meski arus balik dari Bakauheni akan terdistribusi selama akhir pekan ini, diperkirakan arus mobil pribadi akan signifikan malam ini.

Sesuai data Posko Bakauheni, dari total 96.330 unit yang menyeberang dari Merak sejak H-10 hingga H Lebaran, baru kembali dari Bakauheni hingga hari ini sebanyak 34.762 atau baru 36 persen.

"Artinya, masih 61.568 unit roda empat yang belum kembali dari Sumatera ke Jawa. Kami prediksikan Jumat malam ini dan Sabtu malam mobil pribadi mulai ramai," ujarnya.

Eddy mengungkapkan, pola arus balik dari Bakauheni, ada kecendrungan volume penumpang pejalan kaki dan sepeda motor ramai di siang hari, dan volume mobil pribadi akan meningkat malam hari.

Dari total penumpang arus mudik yang naik dari Merak-Bakauheni sejak H-10 hingga hari H Lebaran sebanyak 943.371 orang, telah kembali dari Bakauheni hingga hari ini sebanyak 308.609 orang atau baru sekitar 33 persen.

Pelabuhan Bakauheni mulai dipadati pemudik yang akan kembali dari Pulau Sumatera ke Jawa, Jumat (30/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News