Arus Balik, Peningkatan Kendaraan di Tol Terjadi Sejak Rabu

Arus Balik, Peningkatan Kendaraan di Tol Terjadi Sejak Rabu
Menhub Budi Karya Sumadi bicara persiapan arus balik Lebaran. Ilustrasi Foto: Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut pihaknya mencermati adanya peningkatan jumlah kendaraan di beberapa ruas tol saat arus balik Lebaran pada Rabu (4/5) kemarin.

"Ini menjadi indikasi bahwa masyarakat sudah kembali lebih awal," kata Budi melalui keterangan persnya pada Kamis (5/5).

Menhub Budi juga menyampaikan dukungan terhadap penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) di tol oleh kepolisian pada Kamis, ini menyusul peningkatan arus kendaraan di jalan berbayar itu.

"Insyaallah (rekayasa lalin) bisa mengurangi kepadatan di hari puncak arus balik pada tanggal 6 sampai 8 Mei nanti," ujar alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Adapun, penerapan rekayasa lalu lintas dari Korlantas Polri saat arus balik pada Kamis, yaitu:

1. Penerapan one way mulai pukul 11.00 sd 24.00 WIB, dimulai dari GT Palimanan Utama KM 188 sampai KM 72 Cikampek dan dilanjutkan dengan penerapan Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek KM 47.

2. Kendaraan yang mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi satu lajur.

3. Jika kepadatan arus lalin mulai berkurang, pelaksanaan rekayasa one way diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada.

Menhub Budi Karya Sumadi menyebut ada peningkatan jumlah kendaraan di beberapa ruas tol untuk arus balik pada Rabu (4/5) kemarin.  Ini skema rekayasa lalin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News