Arus Balik Penyeberangan dari Sumatra Menuju Jawa Terus Meningkat

Arus Balik Penyeberangan dari Sumatra Menuju Jawa Terus Meningkat
Situasi terkini lalu lintas arus balik di GT Tol Bakauheni Selatan pada malam ini, Jumat (6/5). Foto: Dian Hadiyatna/ANTARA

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Arus balik penyeberangan dari Sumatra menuju Jawa terus mengalami peningkatan pada Jumat (6/5) dan Sabtu (7/5) atau H+2 dan H+3 Lebaran.

Tercatat sejak Selasa (3/5) atau hingga H+3 sudah 364.673 orang atau mencapai 40,78 persen pemudik yang telah kembali ke Jawa via Pelabuhan Bakauheni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam penanganan arus balik penyeberangan dari Sumatra menuju Jawa sejauh ini berjalan lancar, aman dan sehat, berkat kolaborasi seluruh stakeholder secara konsisten.

"Sesuai arahan Presiden, agar kami dapat melayani masyarakat dengan baik," ujar Budi Karya.

Untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif, khususnya untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten.

Data Posko mencatat hingga Sabtu (7/5) siang, terdapat total sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk/bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Guna mengendalikan lonjakan arus balik, pihaknya juga meminta masyarakat untuk mengatur jadwal pulang dengan menghindari waktu puncak arus balik (6-8 Mei 2022).

Menurutnya, pemerintah akan memberikan relaksasi dimana membolehkan para pekerja untuk cuti setelah 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

Arus balik penyeberangan dari Sumatra menuju Jawa sejauh ini berjalan lancar, aman dan sehat, berkat kolaborasi seluruh stakeholder secara konsisten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News