Arus Mudik Lebaran, Polri Berlakukan Contraflow di Tol Cipali Arah Timur

Arus Mudik Lebaran, Polri Berlakukan Contraflow di Tol Cipali Arah Timur
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM150, Mekarjaya, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc

jpnn.com - JAKARTA - Korlantas Polri telah memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem contraflow untuk arus mudik mengarah ke timur, tepatnya di Tol Cipali, Jawa Barat, Jumat. (5/4).

Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan bahwa sistem contraflow sepenggal di KM 164 Tol Cipali saat terjadi kecelakaan lalu lintas antara mobil Honda Freed dengan Isuzu ELF. "Itu semua sudah kami lakukan contraflow sepenggal di KM164," kata Aan, Jumat (5/3).

Contraflow adalah rekayasa lalu lintas dengan mengubah arah arus kendaraan pada sebagian jalan yang mengalami kemacetan.

Rekayasa lalu lintas controflow sepenggal diberlakukan untuk mencegah dampak kecelakaan yang menghambat arus lalu lintas mudik.

Aan mengatakan arus lalu lintas di Tol Cipali sudah kembali lancar dengan pemberlakuan contraflow sepenggal.

Hingga pukul 19.49 WIB, contraflow masih diberlakukan dari KM 162 sampai KM 169 Tol Cipali.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Wibowo mengatakan arus lalu lintas mudik mulai terpantau padat dari pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

Arus kendaraan mencapai 4.500 unit per jam, kemudian turun menjadi 4.200 kendaraan per jam pada pukul 18.00 WIB.

Korlantas Polri telah memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem contraflow untuk arus mudik mengarah ke timur, tepatnya di Tol Cipali, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News