AS Ingin Latih Polhut Tangangi Kebakaran Hutan

AS Ingin Latih Polhut Tangangi Kebakaran Hutan
AS Ingin Latih Polhut Tangangi Kebakaran Hutan

jpnn.com - PEKANBARU - Kebakaran hutan yang terjadi di tanah air menjadi perhatian dunia. Deputi Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Trevor Olson, mengatakan pemerintah AS memiliki program pelatihan penanganan bencana asap dan kebakaran lahan. Menurut dia, tak menutup kemungkinan pihaknya bisa bekerja sama dengan Polisi Kehutanan Indonesia untuk menangani kebakaran hutan di Sumatera. 

"Kami juga memiliki program untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang kesehatan dan menyediakan pelatihan untuk mengkader Polisi Kehutanan Indonesia," kata Trevor Olson di Pekanbaru, Minggu (23/2).

Kata dia, kebakaran lahan dan hutan di Sumatera berdampak buruk untuk kesehatan dan bisnis. Menurutnya, sebagian besar bisnis sulit beroperasi dengan normal. 

Saat ditanya apakah kebakaran itu juga berdampak buruk untuk kepentingan bisnis Amerika di Indoneia, dia tak bersedia menjawab secara spesifik.

"Asap berdampak pada semua bisnis di Riau, karena pegawai menderita gangguan kesehatan dan asap juga menyebabkan pembatalan penerbangan, serta komplikasi lainnya yang membuat bisnis sulit beroperasi," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah AS berharap pemerintah Indonesia meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kesehatan dan lingkungan, dan berusaha lebih keras untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. 

"Saya percaya ada upaya aktif bersama di Riau, dimana warga biasa dan para pemimpin bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bekelanjutan untuk semua," ujarnya. (ant/fr/mas)

Berita Selanjutnya:
Kabut Asap Bikin Pusing

PEKANBARU - Kebakaran hutan yang terjadi di tanah air menjadi perhatian dunia. Deputi Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Trevor Olson, mengatakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News