AS Peringati Serangan Jepang ke Pearl Harbor

AS Peringati Serangan Jepang ke Pearl Harbor
AS Peringati Serangan Jepang ke Pearl Harbor

jpnn.com - HAWAII - Sekitar 2.500 orang berkumpul di Pearl Harbor, Hawaii Sabtu (7/12)  untuk mengenang mereka yang tewas dalam serangan Jepang tahun 1941. Serangan mendadak itu memicu Amerika Serikat memasuki Perang Dunia Kedua.

Sekitar 50 orang yang selamat dalam serangan di Pearl Harbor, hadir untuk mengikuti upacara tersebut. Mereka mengheningkan cipta pukul 7.55 pagi atau jam yang sama dengan mulainya pemboman oleh Jepang 72 tahun lalu.

Suara sebuah pesawat kuno era Perang Dunia II SNJ-5B Amerika Utara tahun 1944 yang ikut tampil pada acara itu memecah keheningan. The Hawaii Air National Guard yang biasanya menggunakan pesawat-pesawat tempur dan helikopter untuk melakukan pertunjukkan, kali ini terpaksa absen lantarab pemangkasan anggaran federal.

Menurut laman ABC, Sabtu (7/12), acara yang didukung The Navy and National Park Service itu dibuka untuk umum. Tema acara tahun ini adalah “Sound the Alarm”  yang menunjukkan bagaimana warga AS menjawab panggilan setelah terjadinya serangan.

"Amerika mengenang peringatan tersebut dari mereka yang selamat," ujar Komandan Armada Pasifik AS, Laksamana Harry B. Harris Jr.

Acara itu juga dihadiri mantan senator Max Cleland dari negara bagian Georgia menyampaikan pidato. Veteran Perang Vietnam itu saat ini menjabat sebagai Ketua The American Battle Monuments Commission yang bertanggung jawab mengurus pemakaman tentara AS yang gugur di luar negeri.

Sabtu malam, mereka yang selamat dalam serangan Pearl Harbor itu akan mengikuti parade gabungan bersama pejabat-pejabat militer dan pemerintah melewati jalan-jalan di Waikiki. (esy/jpnn)

Berita Selanjutnya:
Polisi Tolong Maling

HAWAII - Sekitar 2.500 orang berkumpul di Pearl Harbor, Hawaii Sabtu (7/12)  untuk mengenang mereka yang tewas dalam serangan Jepang tahun 1941.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News