AS Tarik Pasukan Mulai Bulan Depan

Obama Beber Skenario Awal Akhiri Perang di Afghanistan

AS Tarik Pasukan Mulai Bulan Depan
AS Tarik Pasukan Mulai Bulan Depan
WASHINGTON - Presiden AS Barack Obama membeber skenario dan jadwal penarikan pasukan dari Afghanistan. Pada Rabu malam (22/6) waktu AS atau kemarin pagi WIB (23/6) pemimpin 49 tahun itu mengumumkan penarikan sekitar 33.000 personel militer Negeri Paman Sam dari Afghanistan.

Penarikan itu akan mulai dilakukan musim panas nanti atau Juli mendatang (bulan depan). Dengan keputusan tersebut, pemerintahan Obama memulai rencana mengakhiri perang di Afghanistan yang telah berlangsung sejak 2001 tersebut.

Pengumuman yang disampaikan Obama dalam pidato selama 13 menit dan disiarkan stasiun televisi nasional itu langsung menuai apresiasi dari negara-negara sekutu AS. Dalam waktu kurang dari 24 jam, Prancis mengumumkan kebijakan yang sama. Negeri Anggur tersebut akan menarik 4.000 serdadunya yang bertugas di Afghanistan.

"Gelombang perang (di Afghanistan) sudah mulai surut," terang Obama dalam pidato yang disiarkan langsung ke seluruh penjuru Negeri Paman Sam itu.

WASHINGTON - Presiden AS Barack Obama membeber skenario dan jadwal penarikan pasukan dari Afghanistan. Pada Rabu malam (22/6) waktu AS atau kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News