AS Terus Talangi Kredit Macet

Nilainya Terbesar Sepanjang Sejarah

AS Terus Talangi Kredit Macet
AS Terus Talangi Kredit Macet
  NEW YORK - Pemerintah AS akhirnya mengambil langkah darurat untuk menyelamatkan krisis finansial global. Menteri Keuangan AS Henry Paulson menyatakan pihaknya berencana mengambil alih kredit macet yang menggunung di sejumlah lembaga keuangan.

''Ini bicara soal dana ratusan miliar dolar AS,'' tutur Henry Paulson saat menjelaskan skenario bailout di New York seperti dilansir AP, Jumat (19/9). Paulson mengaku belum bisa membeber lebih rinci skema penyelamatan tersebut karena harus membicarakan lebih dulu dengan pimpinan Kongres. Namun yang jelas, skenario itu adalah yang terbesar sejak masa depresi tahun 1929.

Langkah ini diambil setelah kejatuhan sejumlah lembaga keuangan di AS. Terakhir adalah bangkrutnya Lehman Brothers, bank investasi nomor empat terbesar di AS, dan nyaris kolapsnya perusahaan asuransi AIG.

Kebijakan pemerintah AS itu langsung memberi sentimen positif pada pasar modal. Hampir semua bursa regional, termasuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melonjak tajam. Kemarin indeks harga saham gabungan melompat 104,059 poin (5,82 persen) ke level 1.891 atau kenaikan tertinggi sejak Agustus 2007. Indeks harga saham Dow Jones di AS juga melesat. Pada sesi pembukaan tadi malam, indeks Dow Jones meroket 3,5 persen (350 poin) ke level 11.400.

  NEW YORK - Pemerintah AS akhirnya mengambil langkah darurat untuk menyelamatkan krisis finansial global. Menteri Keuangan AS Henry Paulson

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News