JPNN.com

AS-Tiongkok Mereda, Harga Emas Berjangka Ikut Turun

Selasa, 17 Desember 2019 – 10:35 WIB AS-Tiongkok Mereda, Harga Emas Berjangka Ikut Turun - JPNN.com
Emas batangan. Foto: pixabay

jpnn.com, CHICAGO - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup turun pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB).

Penurunan harga ditengarai, karena pasar ekuitas memperpanjang reli di tengah meredanya ketegangan perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari, turun tipis 0,7 dolar AS atau 0,05 persen, menjadi ditutup pada 1.480,50 dolar per ounce, sebut Xinhua.

Indeks-indeks acuan saham AS secara signifikan lebih tinggi pada perdagangan Senin (16/12), karena sentimen investor terangkat setelah China dan Amerika Serikat menyetujui kata-kata dari kesepakatan perdagangan fase-satu.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik lebih dari 100 poin, sementara S&P 500 dan Indeks Komposit Nasdaq mengikuti kenaikan Dow.

Ketika ekuitas naik, emas biasanya turun karena investor tidak perlu mencari tempat yang aman dan mereka mengalihkan investasi ke aset-aset berisiko yang memberikan imbal hasil tinggi seperti saham.

Namun, melemahnya dolar AS membatasi penurunan harga emas lebih lanjut. Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, turun 0,15 persen menjadi 97,03 pada perdagangan Senin (16/12), terseret data ekonomi negatif.

Laporan awal penyedia informasi global yang berbasis di London IHS Markit pada Senin (16/12), menunjukkan Indeks Pembelian Manajer (PMI) manufaktur AS datang di 52,5 pada pada Desember, turun dari pembacaan November sebesar 52,6.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha