Asal-Muasal Bunga Mawar Hari Valentine di Australia

Asal-Muasal Bunga Mawar Hari Valentine di Australia
Bendera Australia. Foto: Ilustrasi

Australia telah mengimpor bunga mawar dalam jumlah yang memecahkan rekor menjelang Hari Valentine. Lebih dari 10,5 juta batang mawar dikirim ke Australia dalam dua minggu terakhir.

Data dari Departemen Pertanian Australia menunjukkan, sebagian besar mawar impor berasal dari Kenya.

Sejak awal Februari, lebih dari 6,46 juta batang mawar telah diimpor dari Kenya, naik hampir 1,25 juta mawar dibanding periode yang sama tahun lalu.

Shane Holborn dari Asosiasi Bunga Australia mengatakan, hampir tak mungkin bagi produsen mawar Australia untuk bersaing dengan mawar impor.

"Produsen mawar di Australia tengah sekarat," sebut Holborn.

"Kami telah melihat sejumlah besar dari mereka benar-benar keluar dari bisnis ini atau menanam tanaman lain, itu tidak mudah bagi mereka.”

"Sulit untuk bersaing dengan negara-negara yang undang-undang perburuhannya jauh lebih santai, upahnya lebih rendah, pendaftaran dan penggunaan bahan kimia-nya sangat berbeda dengan kondisi kami, jadi itu membuat petani kebun Australia berada dalam tekanan pada periode ini di sepanjang tahun."

Kenya adalah salah satu eksportir mawar terbesar di dunia, dan menurut Dewan Bunga Kenya (KFC), industri bunga negara itu memperoleh $ 890 juta (atau setara Rp 8,9 triliun) pada tahun 2016.

Data dari Departemen Pertanian Australia menunjukkan, sebagian besar mawar impor berasal dari Kenya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News