ASDP Ditunjuk Kemenhub Tingkatkan Pelayanan P Seribu

ASDP Ditunjuk Kemenhub Tingkatkan Pelayanan P Seribu
Ilustrasi

jpnn.com - JPNN.com - PT ASDP Indonesia Ferry siap meningkatkan pelayanan rute Kepulauan Seribu dari pelabuhan rakyat Muara Angke.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi mengatakan perseroan mempunyai kewajiban untuk melayani rute wisata tersebut.

“Ini merupakan penugasan dari Kemenhub. Apalagi, ASDP sebelumnya sudah memiliki pengalaman dalam melayani rute Kepulauan Seribu, namun berakhir pada 2003,” ujar Faik.

Meski begitu, ASDP akan menindaklanjuti rencana pelibatan perseroan di rute Kepulauan Seribu, yakni berkoordinasi aktif dengan Kementerian Perhubungan untuk membahas lebih lanjut hal ini.

“Pertama, harus jelas seperti apa pembagian tugas ASDP dengan PT Pelni. Kedua, kami juga harus melakukan survei lapangan kembali untuk mengidentifikasi lintasan mana yang akan dilayani, jenis kapal yang akan digunakan, kapasitas yang akan disediakan, apakah hanya untuk melayani penumpang saja, atau dengan kendaraan juga,” tutur Faik.

Faik menegaskan, survei sangat penting dilakukan supaya strategi pelayanan yang disiapkan juga bisa tetap sasaran mengingat karakteristik pengguna jasa di Kepulauan Seribu cenderung penumpang saja.

“Setelah survei, nanti akan ketahuan, kapal apa yang cocok di sana, dan tentu aspek keselamatan akan menjadi hal utama dan mengacu dengan standar yang dimiliki ASDP saat ini," papar dia.

"Selain itu, kami juga perlu mengetahui, kondisi dermaga, terminal penumpang, dan kondisi di pelabuhan setempat. Intinya, jika kami mendapatkan penugasan ini, tentu akan diberikan pelayanan semaksimal mungkin,” imbuh Faik.


JPNN.com - PT ASDP Indonesia Ferry siap meningkatkan pelayanan rute Kepulauan Seribu dari pelabuhan rakyat Muara Angke.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News