JPNN.com

Ashoka Gandeng Generasi Muda untuk Wujudkan Kemajuan Bangsa

Minggu, 24 Januari 2021 – 22:10 WIB
Ashoka Gandeng Generasi Muda untuk Wujudkan Kemajuan Bangsa - JPNN.com
CEO Ashoka, Bill Drayton. Foto: Dok. Oshoka

jpnn.com, JAKARTA - Para pemuda memiliki peran penting dalam ikut menentukan kemajuan sebuah bangsa. Sebab, generasi muda memiliki kemampuan untuk bergerak cepat mengubah keadaan.

Melihat pentingnya peran pemuda, Ashoka sebagai sebuah lembaga swadaya masyarakat, membangun gerakan Everyone a Changemaker. Gerakan ini melibatkan para pemuda dan mitra strategis yang berkomitmen melahirkan kepemimpinan anak muda di Indonesia. 

CEO Ashoka, Bill Drayton, mengatakan mereka yang lahir di tahun 90-an dan seterusnya hidup di era penuh perubahan yang berlangsung cepat.

“Pada era ini, keterampilan menjadi pembaharu menjadi kunci kemajuan bangsa,” kata Bill Drayton, Minggu (24/1).

Menurutnya, pemuda yang dibutuhkan untuk masa depan bangsa adalah pemuda yang tangguh, mampu melihat masalah, mampu mengorganisir kerja kolaboratif untuk menyelesaikan masalah. Artinya, pemuda yang menciptakan solusi untuk kepentingan banyak orang, bukan hanya kepentingannya sendiri.

Lebih lanjut, Bill Drayton menjelaskan, Ashoka melalui gerakan Everyone a Changemake mendorong perubahan dengan melibatkan kekuatan individu, anak muda, orang dewasa, lansia, dan kaum difabel di manapun berada.

Gerakan ini bertujuan menumbuhkan keinginan dan keterampilan setiap orang ikut serta menggerakkan perubahan positif dimulai dengan menumbuhkannya empati dan pengenalan serta praktik keterampilan menjadi pembaharu di kalangan anak-anak dan anak muda.

“Sebuah dunia, apabila semua orang pembaharu menjadi dunia di mana masalah tidak akan lebih banyak dari solusi. Ini adalah dunia di mana setiap orang, tidak hanya elite yang beruntung, dapat mengekspresikan cinta dan hormat dalam perbuatan nyata yang menjadi akar dari kebahagiaan dan kesehatan," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...