Asia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Global

Asia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Global
Asia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Global
JAKARTA — Perekonomian dunia saat ini disebut sedang berada dalam siklus puncak tertinggi pertumbuhan (super-cycle). Dalam laporan Standart Chartered yang diterima wartawan, Selasa (16/11) di Jakarta, disebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia yang paling tertinggi berasal dari kawasan Asia.

Pertumbuhan ekonomi di Asia telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 2000. "Diperkirakan super-cycle ini akan bertahan hingga beberapa dekade mendatang. Dan melihat perekonomian global, nilainya akan mencapai lebih dari USD300 triliun pada tahun 2030," ujar Chief Economist and Group Head of Global Research, Dr. Gerard Lyons.

Dikatakannya, negara-negara maju dan berkembang akan mendapatkan dampak yang sangat baik dari super-cycle ini. Terutama bagi negara-negara berkembang, super cycle akan membuat kekuataan ekonomi global akan bergeser dari wilayah Barat ke wilayah Timur.

Laporan tersebut mendefinisikan super-cycle sebagai masa pertumbuhan historis global yang tinggi, dan berlangsung lebih dari satu generasi. Faktor pemicu utamanya adalah peningkatan sektor perdagangan, investasi, urbanisasi dan inovasi tekhnologi. Semuanya bisa dilihat dengan semakin meningkatnya aktifitas ekonomi di seluruh pasar berkembang.

JAKARTA — Perekonomian dunia saat ini disebut sedang berada dalam siklus puncak tertinggi pertumbuhan (super-cycle). Dalam laporan Standart

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News