Asian Games 2018 Jadi Ajang Kualifikasi Olimpiade 2020

Asian Games 2018 Jadi Ajang Kualifikasi Olimpiade 2020
Countdown Asian Games 2018. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komite Olimpiade Internasional (IOC) menaruh perhatian khusus terhadap Asian Games 2018.

Karena itu, cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan harus mengacu pada nomor-nomor yang dihelat pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Ini pertama kali pelaksanaan Asian Games mempertandingkan cabor olympic yang mengacu pada nomor-nomor Olimpiade. Makanya, pelaksanaan Asian Games di Jakarta-Palembang 2018 lebih bergengsi karena ditetapkan IOC sebagai ajang kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020," kata Ketua Komite Eksekutif KOI Bidang Sports Development Harry Warganegara di Jakarta, Rabu (27/9).

Wakil Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) itu menambahkan, sosialisasi tentang penetapan cabor olympic yang harus mengacu pada nomor-nomor Olimpiade Tokyo 2020 telah dilakukan pada Corcom Meeting VII dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Corcom itu dihadiri Satlak Prima, Kemenpora, dan technical delegate cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

"Penetapan nomor-nomor cabor itu sudah disepakati dalam Corcom Meeting VII. Makanya, pada sidang OCA Executive Board ke-70 dan OCA General Assemby ke-36 di Ashgabat, Turkmenistan, 18-20 September lalu, langsung disahkan," tegasnya.

Bukankah Indonesia dirugikan dengan adanya pengurangan tersebut?

"Bagaimana kita dirugikan? Bukankah nomor Pomsae yang disebut sebagai andalan mendulang medali tetap dipertandingkan? Padahal, di Olimpiade Tokyo 2020 tidak dipertandingkan," tambah Harry. (jos/jpnn)


Komite Olimpiade Internasional (IOC) menaruh perhatian khusus terhadap Asian Games 2018.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News