Asian Games Musim Dingin 2029 Bakal Digelar di Gurun Arab Saudi

Asian Games Musim Dingin 2029 Bakal Digelar di Gurun Arab Saudi
Ilustrasi. Arab Saudi telah terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan olahraga musim dingin antarnegara Asia, Asian Winter Games 2029. Foto: STANISLAV FILIPPOV / AFP

jpnn.com, RIYADH - Arab Saudi telah memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2029.

Kejuaraan olahraga musim dingin ini akan berlangsung di Kota Neom, sebuah resor pegunungan yang direncanakan akan selesai pada tahun 2026.

Dikelilingi oleh pegunungan Sarawat, suhu di wilayah ini lebih sejuk dan bertujuan untuk menjadi tujuan olahraga musim dingin sepanjang tahun.

Kepala eksekutif Neom Nadhmi Al-Nasr mengatakan tempat tersebut "akan memiliki infrastruktur yang sesuai untuk menciptakan suasana musim dingin di jantung gurun".

Tujuan wisata akan memiliki resor ski luar ruangan pertama di Teluk, danau air tawar buatan dan direncanakan akan didukung oleh energi terbarukan.

Akan ada salju alami di pegunungan tetapi beberapa salju buatan juga akan digunakan.

Ini adalah acara terbaru yang diselenggarakan oleh Arab Saudi saat mereka meningkatkan kehadiran mereka dalam olahraga - yang mengarah ke tuduhan bahwa negara tersebut menggunakan olahraga untuk meningkatkan reputasinya menyusul kritik atas catatan hak asasi manusianya.

Pada bulan Agustus, petinju Inggris Anthony Joshua melawan Oleksandr Usyk di kota Jeddah, sementara liga Golf LIV yang kontroversial didanai oleh Arab Saudi.

Bukan sulap, bukan sihir, Arab Saudi dipastikan menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2029.

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News