JPNN.com

AsliLoginID Besertifikasi FIDO2 Server, Model Keamanan Berbasis Kriptografi

Rabu, 26 Februari 2020 – 11:16 WIB
AsliLoginID Besertifikasi FIDO2 Server, Model Keamanan Berbasis Kriptografi - JPNN.com
ASLI RI kerja sama dengan LoginID meluncurkan AsliLoginID. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI), perusahaan di bidang industri Biometric Security, melakukan kerja sama dengan LoginID meluncurkan AsliLoginID, Sabtu (22/2).

Peluncuran yang dilakukan di acara Tokopedia START Summit 2020 itu memperkenalkan sebuah solusi Biometric-Authentication-as-a-Service yang menggantikan penggunaan password dengan data biometrik diri untuk meningkatkan keamanan akun online konsumen.

Irjen Pol (Purn) Arief Dharmawan, selaku CEO ASLI RI mengatakan, di era digital ini, kita tidak lepas dari penggunaan akun digital, baik akun social media, e-commerce ataupun akun keuangan berbasis online.

Metode yang kini lumrah digunakan untuk mengakses akun tersebut adalah penggunaan password ataupun PIN. Namun metode ini memiliki banyak kelemahan.

Dikutip dari Data Breach Investigation Report 2017 (DBIR), 80 persen kasus pembajakan akun disebabkan oleh lemahnya password dan 30 persen transaksi online gagal karena password yang terlupakan.

FIDO Alliance mengeluarkan FIDO2 Server, sebuah set spesifikasi baru yang memungkinkan user menggunakan perangkatnya untuk login menggunakan data biometrik, baik dalam bentuk mobile ataupun komputer via web dan aplikasi.

AsliLoginID hadir dengan produk bersertifikasi FIDO2 Server yang menggunakan model keamanan berbasis kriptografi, yang berarti produk tersebut telah memenuhi standar open banking Eropa, PSD2 dan juga The European GDPR (EU-GDPR) yang masing-masing adalah regulasi privasi data yang paling ketat saat ini.

Fitur ini mengikat data biometrik user ke perangkat yang dimiliki dan bekerja secara langsung tanpa perlu menambahkan hardware atau mengunduh software khusus.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo