Asrama Haji Harus Dijadikan Pusat Informasi

Asrama Haji Harus Dijadikan Pusat Informasi
Calon jamaah haji. Ilustrasi Foto: Sutan Siregar/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat, Mervin Sadipun Komber meminta Pemda di sejumlah kabupaten/kota untuk dapat lebih memaksimalkan peran asrama haji di Papua Barat. Pasalnya, asrama haji memiliki peran penting bagi persiapan calon jamaah yang akan menunaikan panggilan Allah tersebut.

“Perlu ada peningkatan informasi haji terutama persiapan yang dijadwalkan secara terencana. Asrama haji yang sudah ada, bisa dijadikan pusat informasi. Jadi calon jamaah tidak kesulitan,” ujar Mervin di Distrik Pariwari Kabupaten Fakfak, Papua Barat saat kunjungan kerja atau reses, Sabtu (30/7/2017).

Selain itu, lanjut dia, ormas maupun organisasi perlu dilibatkan dalam pendampingan calon jamaah haji, karena keberadaannya dapat membantu memberikan pelayanan.

Senator yang dijuluki Sang Cenderawasih mengatakan selama ini pihaknya juga telah mengusulkan kepada Kementrian Agama RI, agar jamaah haji asal Papua Barat tidak terlalu lama ditampung di asrama haji Makassar. Pasalnya asrama haji tersebut sudah padat.

“Kita ingin Makassar hanya dijadikan transit untuk terbang ke Arab Saudi. Jadi tidak perlu tinggal terlalu lama, begitu juga saat pulang. Ini juga bisa menekan biaya haji,” ujar anggota Komite III DPD RI ini.

Menurutnya, adanya asrama haji yang besar dan representatif di Papua Barat maka akan menjadi persinggahan bagi calon jamaah haji sebelum ke tanah suci. “Tentu pemerintah perlu meningkatkan pelayanan sebagai upaya dari pengelolaan jamaah haji yang modern,” ujar mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Fakfak di Papua ini.(fri/jpnn)


Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat, Mervin Sadipun Komber meminta Pemda di sejumlah kabupaten/kota untuk dapat lebih memaksimalkan peran asrama


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News