Asrorun Niam: Kepemimpinan Indonesia 2045 di Tangan Kalian, Anak Muda Hari Ini

Asrorun Niam: Kepemimpinan Indonesia 2045 di Tangan Kalian, Anak Muda Hari Ini
Asrorun Niam Sholeh berpose dengan para santri saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang, Kamis (18/08/2022). Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, SEMARANG - Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh menegaskan kepemimpinan Indonesia pada 2045, saat Indonesia berusia 100 tahun, ada di tangan anak muda hari ini, yang rata-rata berusia 20 tahunan.

Hal tersebut disampaikan Asrorun Niam Sholeh di depan para santri saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang, Kamis (18/08/2022).

Niam menjelaskan tentang peran pemuda dalam memaknai dan berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan. 

“Hidup dan mati itu given, tetapi untuk menjadi sukses itu perlu adanya ikhtiar atau usaha kita untuk mewujudkannya. Demikian juga tentang perubahan sosial. Berubah itu sunnatullah, tetapi menjadi baik atau buruk adalah pilihan kita. Kita wajib memperjuangkannya,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren An-Nadhlah Depok tersebut.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemuda harus memiliki desain sebagai planning, perencanaan serta strategi untuk mewujudkan cita-cita itu. Sehingga waktu dan tenaga yang hilang bisa maksimal dan bermanfaat.

“Jangan sampai kita semua punya cita-cita yang abstrak atau tidak jelas. Hal ini diibaratkan seperti seorang penggembala yang meninggalkan kambingnya di padang rumput tanpa adanya arahan,” tandasnya.

Mengutip salah sebuah syair, Niam menjelaskan, engkau berharap sukses dan berhasil, tetapi tak menempuh jalannya. Ketahuilah, tak ada kapal yang bisa berlayar di atas daratan.

“Tarjun Najata Walam Tasluk Masalikaha, Innas Safinata La Tajri Alal Yabasi. Kesuksesan itu harus dijemput dengan ikhtiar kita, bukan ditunggu dengan berdiam diri,” ujar Niam.

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh menegaskan kepemimpinan Indonesia pada 2045, saat Indonesia berusia 100 tahun, ada di tangan anak muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News