Astronom Temukan Bayi Matahari

Astronom Temukan Bayi Matahari
Astronom Temukan Bayi Matahari
FLORIDA - Para astronom berhasil menemukan sebuah bintang mirip matahari yang baru lahir. Bayi matahari yang dinamai V1647 Orionis atau dikenal sebagai protostar tersebut terletak pada konstelasi Orion.

Menggunakan tiga teleskop ruang angkasa  X-ray berbeda,  yakni  NASA Chandra X-ray Observatory, satelit Suzaku Jepang, dan European Space Agency XMM-Newton astronom berhasil menangkap citra kelahiran bintang tersebut. Mereka kemudian memantau perilaku dramatis bintang mirip matahari yang baru lahir tersebut. Seperti perputarannya yang cepat dan pergolakan letusan kuat dan juga waktu letusannya lama.

Diperkirakan,  V1647 Orionis atau protostar ini dibentuk oleh awan gas dan debu di sekitarnya. Terletak  sekitar 1300 tahun cahaya dari bumi di Nebula McNeil, yang merupakan hotspot ramai pembentukan bintang dalam konstelasi Orion.

Dijelaskan, V1647 berputar sekali setiap hari atau sekitar 30 kali lebih cepat dari matahari. Juga memiliki dua spot yang aktif memancarkan  sinar-X. Di sisi lain astronom juga melihat adanya aliran gas dari piringan di sekitarnya, sebagai penyuplai pertumbuhan bintang.

FLORIDA - Para astronom berhasil menemukan sebuah bintang mirip matahari yang baru lahir. Bayi matahari yang dinamai V1647 Orionis atau dikenal sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News