Asyik, Android 11 Hapus Batasan Perekaman Video Maksimum 4GB per File

Asyik, Android 11 Hapus Batasan Perekaman Video Maksimum 4GB per File
Android (iStockPhoto)

jpnn.com - Menyikapi kebutuhan pasar ponsel pada kemampuan mengolah foto dan video, termasuk penyimpanan. Google membuat terobosan pada sistem operasi besitannya, Android.

Google mengklaim, generasi terbaru Android 11 tidak akan lagi membatasi perekaman video maksimum 4GB per file.

Tahun depan, kendala keterbatasan file video di Android 11 akan dihilangkan, para pengembang perangkat lunak di XDA Developer.

Apa alasan di balik pembatasan itu? Menurut XDA Developer, Google memutuskan bahwa kelas MediaMuxer dan MPEG4Writer Android, yang masing-masing bertanggung jawab untuk muxing (menggabungkan) file video dan menyimpannya sebagai file MP4, harus mendukung file MP4 dengan ukuran maksimum 2 ^ 32 - 1 byte, yang kira-kira 4GB.

Keputusan ini dibuat pada awal 2014, saat Google Nexus 5 dengan penyimpanan internal maksimum 32GB masih ada di pasaran, kartu SD masih banyak digunakan, dan ponsel pertama dengan perekaman video 4K baru saja hadir ke pasar (Galaxy).

Dengan demikian, tidak ada banyak permintaan untuk menyimpan file video berukuran lebih dari 4GB: sebagian besar ponsel tidak memiliki cukup penyimpanan, kartu SD yang diformat dalam FAT32 tidak akan mendukungnya.

Setelah 5 tahun, banyak yang berubah, dan sekarang ada ponsel dengan penyimpanan 1TB, kartu SD sekarang menjadi pengecualian dan bukan norma, dan perekaman video 4K ada di mana-mana, dengan perekaman video 8K akan segera menjangkau perangkat.

Hari ini, jika Anda merekam video 4K pada Pixel 4, video Anda akan mencapai ukuran 4GB dalam waktu sekitar 12 menit; itu pada pengaturan kualitas default 30fps untuk frame rate dan 48Mbps untuk bitrate.

Google mengklaim, generasi terbaru Android 11, tidak akan lagi membatasi perekaman video maksimum 4GB per file.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News