Asyik, Gerbong MRT Siap Diuji Coba Bulan ini

Asyik, Gerbong MRT Siap Diuji Coba Bulan ini
MRT Jakarta (Dery Ridwansyah/ Jawa Pos)

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 12 gerbong atau dua trainset kereta Mass Rapid Transit (MRT) sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Gerbong-gerbong tersebut siap diuji coba mulai bulan ini. Dengan begitu diharapkan MRT akan dioperasikan pada Maret 2019.

“Saya senang sekali gerbong untuk MRT sudah datang berarti ini sudah sesuai jadwal untuk melaksanakan tahap selanjutnya yaitu tes statis pada April, tes dinamis pada Agustus dan real tes di rute Lebak Bulus sampai Bunderan HI pada Oktober. Dengan itu diharapkan Maret 2019 MRT bisa beroperasi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (5/4).

Nantinya keseluruhan gerbong MRT yang didatangkan dari Jepang sejumlah 96 gerbong atau 16 trainset.

Pengiriman selanjutnya akan dilakukan pada Juli dan akan selesai pada November dan pengirimannya secara bertahap yaitu dua trainset setiap pengiriman.

Budi menekankan kepada PT. MRT untuk melakukan proses tes dengan baik serta mempersiapkan sumber daya manusia karena akan menjadi angkutan massal.

“Saya juga minta kepada PT. MRT untuk mempersiapkan SDM sesuai dengan teknologi yang ada (kereta). Pekerja untuk maintenance harus memiliki kompetensi serta dedikasi yang baik,” tutur dia.

Dengan beroperasinya MRT, mantan dirut AP II ini berharap nantinya akan menjadikan angkutan massal dan bisa mengurangi kemacetan.(chi/jpnn)


Gerbong-gerbong tersebut siap diuji coba mulai bulan ini. Dengan begitu diharapkan MRT akan dioperasikan pada Maret 2019.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News