Atasi Banjir, Gereja Sumber Kasih Bangun Penampungan Air

Atasi Banjir, Gereja Sumber Kasih Bangun Penampungan Air
GPIB Jemaat Sumber Kasih Lebak Bulus, Jakarta Selatan, membangun penampungan air sementara untuk mengatasi banjir, Rabu (20/07/2022) ANTARA/Luthfia Miranda Putri

jpnn.com, JAKARTA - Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Sumber Kasih, Lebak Bulus, Jakarta Selatan bebas dari banjir seusai membangun penampungan air sementara di halaman belakang gereja.

Penampungan air sementara atau bak kontrol akan menampung air saat hujan kemudian nantinya dipompa keluar agar air tak meluap.

"Puji Tuhan, pompa yang terpasang masih mampu untuk mencegah banjir akibat hujan kemarin," kata salah satu karyawan umum GPIB Jemaat Sumber Kasih Budi Nugroho, Rabu. 

Diketahui, wilayah Jakarta sempat dilanda hujan pada Jumat-Sabtu (15-16 Juli) lalu menimbulkan banjir pada beberapa lokasi termasuk GPIB Jemaat Sumber Kasih Lebak Bulus.

Saat itu, Budhi menuturkan pihaknya hanya memakai satu pompa besar dibantu dua pompa kecil untuk mengatasi banjir.

Penampungan air sementara ini sudah dipasang sekitar 2007 yang saat ini ukurannya menjadi lebih besar, yakni 10x2 meter dengan kedalaman dua meter.

Tak hanya penampungan air, alat untuk mengatasi banjir lainnya di gereja ini ada mesin pompa yang berukuran dua besar dan dua kecil.

Adapun penampungan air ini dibangun oleh para pengurus gereja dan mendapat dana sukarela dari para jemaat sehingga prosesnya tak perlu memakan waktu lama.

Gereja Sumber Kasih di Lebak Bulus, Jakarta Selatan bebas dari banjir seusai membangun penampungan air sementara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News