JPNN.com

Atasi Bercak Cokelat di Wajah dengan Cara Ini

Minggu, 11 Oktober 2020 – 04:23 WIB
Atasi Bercak Cokelat di Wajah dengan Cara Ini - JPNN.com
Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: Shutterstok

jpnn.com - Kulit yang bersih, mulus dan tanpa noda adalah impian setiap wanita. Sayangnya, kehadiran bercak cokelat yang mengganggu penampilan seakan merenggut mimpi tersebut begitu saja.

Tak perlu khawatir, ada berbagai cara menghilangkan bercak cokelat di wajah sesuai dengan penyebabnya.

Di dalam dunia medis, bercak cokelat disebut sebagai hiperpigmentasi. Umumnya, penyebab bercak cokelat di wajah adalah infeksi, alergi, peradangan, hingga penuaan.

Cara mengatasi bercak cokelat di wajah bervariasi tergantung dengan penyebabnya. 

1. Hiperpigmentasi Pascainflamasi

Hiperpigmentasi pascainflamasi adalah bercak cokelat yang terjadi akibat adanya kelainan kulit sebelumnya. Alergi, jerawat, luka, dan infeksi adalah beberapa kelainan kulit yang menimbulkan bercak cokelat jenis ini.

Warna cokelat yang muncul dapat terlihat semakin jelas dan berwarna lebih tua jika Anda sering menggaruk atau mengelupasnya. Mereka yang memiliki warna kulit lebih gelap dan sering terpapar sinar matahari akan lebih mudah mengalami kelainan ini.

Sebenarnya, bercak cokelat tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Namun, memerlukan waktu yang lebih lama dan berbeda-beda untuk setiap orang. Jika ingin menghilangkannya dengan waktu cepat, yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap pagi sebelum beraktivitas ke luar rumah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy