Aturan Baru: Lulus SNMPTN 2021, Siswa Otomatis Ditolak Sistem Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Aturan Baru: Lulus SNMPTN 2021, Siswa Otomatis Ditolak Sistem Pendaftaran UTBK-SBMPTN
Pengumuman hasil SNMPTN (lustrasi). Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberlakukan aturan baru dalam penerimaan mahasiswa baru.

Bagi siswa yang sudah lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2021, otomatis akan ditolak sistem bila mendaftar ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Pengetatan aturan ini menurut Ketua LTMPT Prof Muhammad Nasih, untuk menjaga agar kursi PTN tidak kosong.

Selama ini, siswa yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN masih mendaftar di UTBK SBMPTN. Ini karena program studi (prodi) yang lulus di SNMPTN tidak sesuai minat siswa bersangkutan.

"Tahun ini kami perketat. Nama-nama siswa yang sudah lulus SNMPTN tercatat dalam sistem. Ketika mereka ingin mencoba prodi lain lewat SBMPTN, otomatis sistem akan menolak karena datanya sudah dikunci," kata Prof Nasih dalam sosialisasi SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021 secara daring, Sabtu (12/12).

Dia menyarankan, siswa yang mengikuti SNMPTN harus teliti memilih prodi. Setiap siswa bisa memilih dua prodi dari satu PTN atau dua PTN.

Jika memilih dua prodi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Bila memilih satu prodi, bisa memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

"Kalau yakin pada satu prodi, cukup cantumkan satu saja. Sebab, biasanya pilihan kedua hanya jadi cadangan siswa," saran rektor Universitas Airlangga ini.

Siswa yang mengikuti SNMPTN juga diminta lebih teliti dalam memilih prodi yang diinginkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News