JPNN.com

Aturan Baru, Mobil F1 Bakal Lebih Estetis

Sabtu, 02 November 2019 – 03:36 WIB Aturan Baru, Mobil F1 Bakal Lebih Estetis - JPNN.com
Ilustrasi mobil F1 2021 dengan sudah mengadopai aturan baru. Foto: FIA

jpnn.com - Formula One (F1) musim 2021 telah diatur agar bisa menawarkan sebuah kompetisi yang lebih seimbang, menguntungkan secara ekonomis, dan kompetitif.

Target tersebut diupayakan melalui perubahan aturan yang signifikan. Salah satunya, mobil F1 harus dibuat mencolok, estetis, dan memiliki filosofi desain radikal.

Penyesuaian di beberapa komponen, meliputi bodywork, sayap depan dan belakang, setelan downforce hingga penyederhanaan sistem suspensi dan profil ban.

Menurut Head of Single-Seater Technical Matters FIA, Nikolas Tombazis, poin kunci dari arsitektur baru ialah peningkatan aerodinamika, namun tetap fleksibel dengan mengusung estetika tinggi.

Aturan Baru, Mobil F1 Bakal Lebih Estetis

"Mobil F1 2019 saat ini kehilangan sebanyak 40 persen dari downforce, tetapi dengan desain baru, angkanya kami yakini bisa ditekan hingga 5-10 persen," kata Tombazis.

Tujuannya, lanjut Tombazis, memungkinkan antarpembalap lebih dekat, kesempatan menyalip yang lebih besar. Dan pembalap juga bisa saling difensif dalam sebuah pertarungan jarak dekat.

Aturan baru lainnya, ialah membatasi pengeluaran biaya masing-masing tim. Pada 2021, tim hanya dibolehkan merogoh kocek hingga USD 175 juta. Biaya ini tidak termasuk dana pemasaran, gaji pengemudi dan tiga personil teratas di tim mana pun.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...