JPNN.com

Bottas Menang di F1 GP Jepang, Mercedes Juara Konstruktor 2019

Minggu, 13 Oktober 2019 – 15:43 WIB Bottas Menang di F1 GP Jepang, Mercedes Juara Konstruktor 2019 - JPNN.com
Driver Mercedes Valtteri Bottas memenangi Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10). Foto: Reuters/Kim Hong-Ji

jpnn.com, SUZUKA - Driver Mercedes Valtteri Bottas menjadi pemenang F1 Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10) siang. Ini merupakan kemenangan ketiganya musim 2019 dan sekaligus membawa Mercedes menjadi juara dunia konstruktor tahun ini.

Bottas, lewat strategi dua kali pit stop, mampu mengalahkan pembalap Ferrari Sebastian Vettel, yang start dari pole position, dan harus puas finis runner-up, 11,376 detik di belakang Bottas.

Lewis Hamilton melengkapi podium di tempat ketiga untuk Mercedes sehingga tim Silver Arrow mengunci gelar juara dunia konstruktor untuk keenam kalinya secara beruntun, memperpanjang dominasi mereka sejak era mesin V6 hybrid turbo diperkenalkan pada 2014.

"Saya sangat senang. Start dari ketiga tidaklah mudah. Saya punya start yang sangat bagus, mampu memimpin dan kecepatan superbagus, saya bisa mengendalikan balapan ini," kata Bottas usai lomba.

Balapan seri ke-17 itu berlangsung penuh drama setelah sesi kualifikasi sempat ditunda hingga Minggu karena Topan Hagibis melanda Jepang pada hari sebelumnya. Dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc mengunci posisi start 1-2 pada pagi harinya.

Namun, Vettel melakukan start yang buruk hingga Bottas, yang start dari P3, dari sisi luar mengambil alih pimpinan lomba. Pembalap asal Jerman itu berada di bawah investigasi steward karena dugaan melakukan false start.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...