Audit Forensik Bakal Ungkap Skandal Century

Audit Forensik Bakal Ungkap Skandal Century
Audit Forensik Bakal Ungkap Skandal Century
JAKARTA - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Bank Century, Bambang Soesatyo mengatakan sangat optimis audit forensik yang dilakukan Bandan Pemeriksa Keuangan (BPK) bisa mengungkap mega skandal yang merugikan negara sebesar Rp6,7 triliun.

“Dari hasil audit forensik BPK terindikasi ada penyimpangan dan pelanggaran dalam proses pencairan dana talangan bagi Bank Century. Nanti berapa yang masuk dan berapa jumlah yang keluar dari Bank Century pasti ketahuan," kata anggota Timwas rekomendasi DPR, Bambang Soesatyo, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis, (18/8).

Menurut Bambang dari audit forensik tersebut nantinya juga akan diketahui ke rekening siapa saja uang Century itu mengalir? Adakah keterlibatan Gubernur BI waktu itu Boediono? “Bisa saja mengarah ke sana. Tapi, kalau kasus ini macet lagi di KPK, maka DPR bisa menyampaikan hak menyatakan pendapat,” tambah Bambang.

Dijelaskannya, semenjak proses audit forensik berlangsung dari Juni tahun lalu hingga sekarang, BPK menemukan indikasi aliran dana Century yang digunakan oleh salah satu pasangan Capres-Cawapres 2009. Selain itu ada dugaan telah terjadi main mata antara KPK dengan pejabat parpol tertentu. “Tapi, dengan telah dibentuknya Komite Etik KPK saat ini, maka masih ada harapan kasus itu terungkap dan mendorong kasus besar Century bisa diselesaikan,” tambah Bambang lagi.

JAKARTA - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Bank Century, Bambang Soesatyo mengatakan sangat optimis audit forensik yang dilakukan Bandan Pemeriksa Keuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News