Audit Penyelenggaraan Formula E, Pemprov DKI Jakarta Menggandeng Swasta

Audit Penyelenggaraan Formula E, Pemprov DKI Jakarta Menggandeng Swasta
Pembalap Jaguar TCS Mitch Evans (tengah) berselebrasi usai menjuarai balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan bahwa audit terhadap penyelenggaraan Formula E sedang berlangsung.  Pemprov DKI Jakarta menggandeng pemeriksa internal dari pihak swasta guna mengaudit penyelenggaran balap mobil listrik yang digelar di Sirkuit Internasional Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 itu. 

"Untuk Formula E, ada audit khusus. Sedang berlangsung," kata Pelaksana Tugas Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Budi Purnama di Jakarta, Jumat (17/6).

Hanya saja, Budi belum memberikan detail soal audit tersebut, termasuk siapa auditor swasta dalam pemeriksaan khusus itu.

Namun, dia menjelaksan bahwa proses audit diperkirakan selesai dalam waktu sekitar 1,5 bulan, atau ditargetkan tuntas pada pertengahan Juli 2022.  

Menurut Budi, apabila audit yang dilakukan auditor eksternal dari pihak swasta sudah selesai, maka pemeriksaan akan dilakukan kembali oleh auditor independen dari Kantor Akuntan Publik.

Selanjutnya, audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Misal (auditor eksternal) sudah selesai, KAP masuk, kemudian dair BPK masuk,” ujarnya.  

Seperti diketahui, ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta sudah selesai digelar di Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6). Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta kemudian meminta ada transparansi pertanggungjawaban soal pelaksanaan Formula E Jakarta.

Beberapa di antaranya bahkan menggaungkan kembali hak memintai keterangan pemerintah daerah atau interpelasi soal penggunaan anggaran di ajang Formula E. 

Pemprov DKI Jakarta menggandeng pemeriksa internal dari pihak swasta guna mengaudit penyelenggaran Formula E.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News