Aulia Fida Perkasa, Pelajar yang Sukses Rangkai Roket

Ingin Rakit Helikopter

Aulia Fida Perkasa, Pelajar yang Sukses Rangkai Roket
Aulia Fida Perkasa, Pelajar yang Sukses Rangkai Roket
Dengan internet belahan dunia lain terasa dekat. Begitu juga informasi, banyak yang bisa didapatkan dari dunia maya. Itu  disadari betul oleh Aulia Fida Perkasa (16), siswa SMA 2 Balikpapan, yang gemar ilmu pengetahuan.

PERAWAKANNYA kurus dan tidak banyak bicara. Tapi ketika diajak diskusi mengenai teknologi masa kini, semuanya berubah. Fida, begitu dia biasa disapa, memang sangat suka dengan hal yang berbau teknologi. Dia bisa betah di depan layar komputer jika mencari referensi mengenai teknologi terbaru.

Salah satu yang berhasil dibuat Fida adalah roket, yang menggunakan bahan baku sederhana. Dengan mengandalkan korek api kayu, penjepit kertas, jarum, serta aluminium foil, dia bisa membuat roket mini yang bisa terbang hingga 50 meter. Dalam pembuatannya, Fida dibantu oleh sang adik Aziz (14), dan hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Fida yang duduk di kelas X IPA ini, mengandalkan konsep fisika dalam pembuatan roketnya tersebut. Kepala korek kayu dia jadikan sebagai bahan bakar, dan aluminium foil sebagai ruang kedap udara. Karena gas tersebut dikelilingi oleh tembok aluminium foil, maka terjadi pengumpulan gas yang sangat tinggi di dalam roket. Dan akhirnya  roket terbang karena dorongan dari gas tersebut.    

Dengan internet belahan dunia lain terasa dekat. Begitu juga informasi, banyak yang bisa didapatkan dari dunia maya. Itu  disadari betul oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News