Auri Jaya: UMKM Perlu Pendampingan Ilmu Marketing Modern

Auri Jaya: UMKM Perlu Pendampingan Ilmu Marketing Modern
Direktur JPNN.com dan Tokoh Pers Indonesia Auri Jaya. Foto: Tangkapan layar diskusi daring UMKM.

jpnn.com, JAKARTA - Di era digitalisasi sekarang ini sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) perlu pendampingan khusus untuk terus melangkah maju.

Direktur JPNN.com Auri Jaya mengatakan kehadiran UMKM merupakan penyelamat ekonomi bagi bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

Namun, dibutuhkan strategi dan inovasi agar UMKM tidak hanya menjadi penyelamatan sementara tetapi usaha yang konsisten.

"UMKM perlu pendampingan, di mana orientasi kolonial sudah bergeser ke milineal, di era sekarang tidak bergantung kepada brand tetapi lebih kepada value," ujar Auri dalam diskusi daring bertema "strategi pengembangan inovasi UMKM sebagai respons dampak pandemi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Vokasi Universitas Indonesia, Kamis (16/6).

Menurut Auri, dalam memasarkan produknya banyak UMKM yang telah  memanfaatkan peran media, baik media mainstream maupun sosial.

Auri yang juga sebagai tokoh pers Indonesia mengatakan UMKM sekarang ini sangat erat dengan inovasi digital dan konten untuk memasarkan produknya.

"Nah seperti apa kontennya, saya kira bisa menjadi landasan bagi teman-teman dari vokasi UI yang ke depannya menjadi pendamping UMKM," ungkap Auri.

Misalnya, dari media tentu bagaimana membuat konten agar produk itu bisa diserap oleh masyarakat terutama dikalangan milenial.

Di era digitalisasi sekarang ini sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) perlu pendampingan khusus untuk terus melangkah maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News