Australia Janji Lebih Banyak Partner Visa. Kenapa Masa Tunggunya Lama Sekali?

Australia Janji Lebih Banyak Partner Visa. Kenapa Masa Tunggunya Lama Sekali?
Peter Enkelman (kanan) bersama pasangannya Renata dan putri mereka Isla Maria. (Supplied)

Pemerintah Australia berjanji untuk menerima lebih banyak aplikasi visa pasangan dari luar negeri dibandingkan tahun sebelumnya, namun bagi sejumlah orang waktu tunggu proses aplikasinya masih terlalu lama.

  • Kebanyakan proses untuk mendapatkan visa partner baru selesai setelah dua tahun
  • Australia berencana melipatduakan visa partner, namun tak ada peningkatan nyata antara Juli-September
  • Pembatasan perjalanan karena pandemi COVID-19 membuat banyak keluarga masih terpisah

 

Untuk tahun 2020-2021, jumlah penerimaan 'partner visa' yang dijanjikan Australia adalah 72.300, meningkat dari 37.118 di tahun sebelumnya.

Ketika mengumumkan angka baru ini bulan lalu, Pejabat Menteri Imigrasi Australia, Alan Tudge mengatakan "jumlah baru ini akan menyelesaikan persoalan banyaknya visa yang belum mendapat persetujuan selama ini".

"Ini akan memberi kejelasan kepada mereka yang ingin menetap di Australia bersama pasangan mereka dan merencanakan masa depan mereka," kata Alan.

External Link: Peter Enkelman Facebook

 

Namun John Hourigan, Presiden Institut Migrasi Australia, merasa skeptis apakah fokus pada visa partner akan menyelesaikan banyaknya permohonan yang belum diproses.

"Sekarang ini ada 95 ribu aplikasi yang sudah masuk dan masih dalam tahap perencanaan ... mereka tidak harus memenuhi target ini," kata John.

Pemerintah Australia berjanji untuk menerima lebih banyak aplikasi visa pasangan dari luar negeri dibandingkan tahun sebelumnya, namun bagi sejumlah orang waktu tunggu proses aplikasinya masih terlalu lama

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News