Australia Sekarang Dipimpin Wanita

Australia Sekarang Dipimpin Wanita
GANTI - Julia Gillard (PM Australia yang baru) dan Kevin Rudd (PM yang digantikan). Foto: ABC.net.au
CANBERRA - Sejarah itu diukir Julia Gillard. Kemarin (24/6) dia menjadi perempuan pertama yang memimpin Australia. Gillard yang sebelumnya menjabat deputi perdana menteri itu menggantikan Kevin Rudd yang mundur dari kursi nomor satu di pemerintahan tersebut.

Dengan suksesi itu, Gillard menjadi perdana menteri ke-27 di Negeri Kanguru tersebut. Dalam pemerintahannya, dia didampingi Wayne Swan sebagai deputi perdana menteri.

Gillard sejatinya bukan asli Australia. Dia lahir pada 1961 di Barry, Wales. Pada umur empat tahun, dia dibawa keluarganya bermigrasi ke Adelaide, Australia, untuk mencari iklim yang lebih hangat demi kesehatan paru-parunya. Gillard adalah pengacara sekaligus politikus sukses. Meski begitu, masih ada yang berpendapat dia tidak layak memimpin Australia karena bukan asli benua selatan itu.

Pergantian tersebut memang mengejutkan. Sebab, Rudd pernah dianggap sebagai "pahlawan" Partai Buruh. Dia memimpin partai tersebut memenangi Pemilu 2007 setelah sebelas tahun hanya menjadi oposisi.

CANBERRA - Sejarah itu diukir Julia Gillard. Kemarin (24/6) dia menjadi perempuan pertama yang memimpin Australia. Gillard yang sebelumnya menjabat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News