Australia Ubah Regulasi Bantuan ke Luar Negeri demi Menyaingi Tiongkok

Australia Ubah Regulasi Bantuan ke Luar Negeri demi Menyaingi Tiongkok
Penny Wong menghabiskan sebagian besar tahun pertamanya sebagai menteri luar negeri Australia dengan mengunjungi negara-negara Pasifik. (Foto: Koleksi Department of Foreign Affairs and Trade)

Australia akan mensyaratkan masalah iklim dan kesetaraan gender dalam memberikan bantuan luar negeri, sesuai dengan kerangka baru dengan tujuan mengimbangi ambisi Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik.

Di bawah aturan baru, semua proyek pembangunan internasional baru yang bernilai lebih dari $3 juta harus menyertakan tujuan kesetaraan gender.

Mulai pertengahan 2025, setengah dari investasi baru di atas $3 juta juga harus memiliki tujuan perubahan iklim.

Baca Juga:

Keharusan dua topik ini menjadi perombakan besar pertama dalam program bantuan luar negeri Australia dalam lebih dari satu dekade, setelah dokumen kebijakan baru mencatat kawasan Indo-Pasifik menghadapi "keadaan strategis yang mengkhawatirkan".

Anggaran bantuan luar negeri Australia pada tahun 2023-2024 berjumlah $4,7 miliar, dan akan meningkat pada beberapa tahun ke depan, tapi strategi baru ini tidak disertai dengan komitmen pendanaan baru.

Hingga pertengahan tahun, seperlima utang Pasifik adalah untuk Tiongkok.

Kebijakan baru ini juga memperjelas Indo-Pasifik yang tetap menjadi fokus pembangunan dari Australia.

"Ini jadi wilayah yang paling kami ketahui, di mana kami bisa membuat perbedaan terbesar, dan di mana kepentingan kami paling terpengaruh secara langsung," tulis dokumen kebijakan tersebut.

Bantuan luar negeri dari Australia akan mensyaratkan masalah iklim dan kesetaraan gender

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News