Austria Ingatkan Indonesia Lebih Perhatikan Museum Affandi

Austria Ingatkan Indonesia Lebih Perhatikan Museum Affandi
Salah satu bagian luar dari Museum Affandi. Foto: asiaforvisitors

jpnn.com - JAKARTA - Duta Besar Austria untuk Indonesia, Andreas Karabaczek mendatangi Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meminta perhatian pemerintah terhadap lukisan dan museum pelukis ternama Affandi. 

Hal ini disampaikannya pada wapres saat pertemuan di kantor JK, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (10/3).

"Salah satu poin yang kami bicarakan adalah masalah kebudayaan. Kami berdiskusi mengenai keadaan lukisan dari pelukis terkenal di Indonesia, Affandi. Beberapa dari lukisannya sudah tua dan membutuhkan restorasi," ujar Karabaczek.

Museum Affandi terletak di pinggir Sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Jalan Solo Km 5,1, Yogyakarta. Dalam museum yang menempati lahan seluas 3.500 meter persegi tersebut tersimpan sekitar 300 lukisan karya Affandi.

Bangunannya sendiri terdiri dari empat galeri, beserta bangunan pelengkap, seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya.

Pemerintah Austria, kata Karabaczek, berencana merestorasi atau memperbaiki sejumlah lukisan yang ada di museum tersebut. Itu atas permintaan putri dari Affandi, Kartika Affandi. Tidak hanya lukisan, Kartika juga minta Austria memperbaiki bangunan museum.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah Austria mengaku tidak memiliki cukup dana. Oleh karena itu, Austria mengajukan kerja sama dengan pemerintah Indonesia. 

Kepada wapres, ia mengaku menawarkan kerja sama dalam modernisasi gedung, dengan konsep green building. "Kami punya hubungan emosional yang dalam dengan lukisan Affandi karena anak perempuannya, Ibu Kartika Affandi belajar melukis di Austria," sambungnya.

JAKARTA - Duta Besar Austria untuk Indonesia, Andreas Karabaczek mendatangi Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meminta perhatian pemerintah terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News