Avatar Siap Untung Besar

Lima Hari Tayang Hampir BEP

Avatar Siap Untung Besar
Foto; Reuters/Weta
LOS ANGELES - Kekhawatiran bahwa Avatar akan menjadi film termahal yang bakal jeblok di pasaran terhapus sudah. Hanya dalam lima hari tayang, film yang disebut-sebut berbiaya USD 500 juta (Rp 4,7 triliun) itu nyaris mencapai BEP (break even point, titik impas).

Dikutip dari situs penghitung box office, boxofficemojo, kemarin, selama lima hari itu, total perolehan film garapan James Cameron tersebut mencapai USD 329.266.915 (sekitar Rp 3,1 triliun). Sebesar 66 persen didapat dari pasar internasional, yakni USD 219.769.153 (Rp 2 triliun). Sisanya, USD 109.497.762 (Rp 1,1 triliun) didapat dari domestik.

Tak hanya sukses itu yang didapat Avatar. Pendapatan yang diperoleh pada pekan pertama di AS dan Kanada sejak pemutaran perdana 18 Desember lalu juga mencatat rekor tersendiri. Di tiga hari penayangan, film itu meraih USD 77 juta (Rp 731 miliar). Angka itu merupakan perolehan tertinggi pembukaan film nonsekuel, remake, atau adaptasi yang pernah ada. Selain itu, film berdurasi 2 jam 40 menit tersebut menjadi film yang dirilis di luar musim panas dengan pendapatan terbanyak dalam negeri.

Sementara ini pencatatan rekor pendapatan film jarang terjadi pada Desember. Pada bulan itu bisnis dianggap masuk masa lesu karena ada di musim libur akhir tahun. Namun, Avatar bisa mematahkan teori tersebut.

LOS ANGELES - Kekhawatiran bahwa Avatar akan menjadi film termahal yang bakal jeblok di pasaran terhapus sudah. Hanya dalam lima hari tayang, film

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News