Awal 2018, Indonesia akan Jadi Negara Swasembada Pangan

Awal 2018, Indonesia akan Jadi Negara Swasembada Pangan
Mentan Amran Sulaiman saat berkunjung ke Lampung Timur. Foto: Fathra/JPNN

jpnn.com, LAMPUNG TIMUR - Indonesia menggaungkan jadi negara swasembada pangan komoditas beras, cabai, jagung dan bawang pada tahun depan.

Pemerintah Indonesia bertekad mewujudkan misi tersebut agar ke depannya lepas dari ketergantungan impor.

Kabar baik ini disampaikan langsung Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Timur, Jumat (10/11).

’’Awal 2018, Indonesia menjadi negara swasembada pangan akhirnya terwujud. Indonesia akan menggaungkan sebagai negara swasembada pangan komoditas beras, cabai, jagung, dan bawang,” katanya saat menyaksikan panen raya padi di Desa Mandalasari, Kecamatan Matarambaru, Lampung Timur. Dalam kesempatan tersebut, Andi Amran juga menyalurkan bantuan peralatan dan mesin pertanian (alsintan) kepada para petani di Lamtim.

Menurut Mentan, sebelumnya setiap tahun Indonesia mengimpor pangan seperti beras, jagung, cabai, dan bawang. Namun dengan terwujudnya swasembada, Indonesia tidak perlu lagi mengimpor bahan pangan dari luar negeri.

Dilanjutkan, swasembada pangan tersebut dapat tercapai berkat kerja sama banyak pihak. Antara lain TNI, Polri, pemerintah daerah, petugas penyuluh lapangan, dan terutama para petani di seluruh Indonesia.

’’Berkat dukungan semua pihak, alhamdulillah, mulai saat ini Indonesia tidak lagi mengimpor beras, cabai, jagung, dan bawang,” tegas Andi Amran didampingi Bupati Lamtim Chusnunia dan jajaran forkopimda.

Andi Amran menambahkan, berkat capaian swasembada pangan, saat ini Indonesia menjadi incaran negara luar untuk belajar pertanian di Indonesia.

Indonesia menggaungkan jadi negara swasembada pangan komoditas beras, cabai, jagung dan bawang pada tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News