Awas, Ada Ancaman Tsunami Setinggi 28 Meter di Daerah ini, Antisipasi!

Awas, Ada Ancaman Tsunami Setinggi 28 Meter di Daerah ini, Antisipasi!
Ilustrasi - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: DPD RI

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah segera mengantisipasi adanya ancaman tsunami di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

LaNyallla meminta pemerintah menyiapkan skenario terbaik untuk melakukan penyelamatan terhadap potensi ancaman tsunami di Pacitan sebagaimana diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan hasil penelitian, Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit.

Sedangkan genangan di darat berkisar antara 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4-6 kilometer dari bibir pantai.

"Menindaklanjuti hasil analisis BMKG tersebut, saya meminta pemerintah segera membuat skenario penyelamatan terbaik untuk meminimalisasi dampak yang ditimbulkan," ucap LaNyalla dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Selasa (14/9).

Senator asal Jawa Timur itu menilai skenario penyelamatan bisa dilakukan sedini mungkin untuk mengantisipasi potensi yang bakal terjadi.

"Salah satunya dengan cara penyiapan sistem peringatan dini, lalu jalur-jalur evakuasi, titik kumpul hingga penyediaan transportasi untuk mobilitas warga menuju titik aman," ucapnya.

LaNyalla meminta pemerintah melakukan pemetaan dengan baik sedini mungkin menyangkut pemetaan jalur penyelamatan dan kondisi masyarakat sekitar.

Awas, ada ancaman tsunami yang diprediksi setinggi 28 meter di daerah ini, langkah antisipasi penting segera dilakukan.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News