Awas, Arsenal! Tak Ada Tamu Sekurang Ajar Liverpool

Awas, Arsenal! Tak Ada Tamu Sekurang Ajar Liverpool
Fantastic Four Liverpool (dari kiri), Mane, Coutinho, Firmino dan Salah. Foto: from The Times

jpnn.com, LONDON - Dalam empat laga tandang terakhir di Premier League, Liverpool menjadi tamu yang kurang ajar. The Reds mencetak rata-rata empat gol per laga. Bagaimana saat Liverpool bertamu ke Emirates, markasnya Arsenal, Sabtu (23/12), kick-off mulai pukul 02.45 WIB.

"Melawan Arsenal selalu jadi laga yang menarik. Kami ingin mengulang kemenangan yang gila musim lalu,'' ujar kiper Liverpool Simon Mignolet di situs resmi klub.

Di Emirates musim lalu Liverpool menjebol gawang The Gunners empat kali. Tidak hanya di London, The Reds juga mencetak banyak gol ke gawang Arsenal ketika berstatus tuan rumah di Anfield. Kali terakhir, pada pekan ke-3 Premier League (27/8) Liverpool mempermak Arsenal empat gol tanpa balas.

Tren pesta ke gawang Arsenal itu sudah dimulai sejak era Juergen Klopp di Melwood. Empat kali Liverpool-nya Klopp menghadapi Arsenal, 14 gol yang mampu diciptakan saat laga tersebut. ''Meski ini akan jadi tantangan terbesar kami,'' lanjut Mignolet yang cuma kebobolan dua gol dalam empat laga tandang terakhir Liverpool tersebut.

Apalagi tren berpesta di kandang lawan itu sejalan dengan kegilaan Fab Four-nya. Ya, di lini depannya Liverpool bermodal kuartet Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane, plus Philippe Coutinho. Tren keempatnya mencetak gol rata-rata lebih besar ketika menjalani laga di kandang lawan.

Bukannya di Anfield. Salah misalnya. Dari 14 gol yang menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak Premier League sementara ini, delapan gol atau 57,1 persen golnya terjadi di laga tandang. Begitu pula dengan Firmino, Coutinho, dan Mane yang minimal gol tandangnya dapat mencapai di atas 50 persen koleksi golnya musim ini.

Dari enam gol Firmino, empat dari laga tandang atau 66,6 persen. Coutinho dengan total empat gol dari lima gol overall-nya atau mencapai 80 persennya. Mane yang paling rendah tapi masih 50 persen. Dari empat gol Premier League-nya, dua gol dia cetak di kandang lawan. Dari keempat pemainnya itu, rata-rata pernah mencetak minimal dua gol ke gawang Arsenal.

Bahkan, Salah yang hanya dua kali bermain melawan Arsenal saja mampu mencetak dua gol. Sekali saat membela Chelsea musim 2013-2014, dan satu gol di Liverpool. ''Kami berharap ada tantangan lain Jumat besok (dini hari nanti WIB),'' sebut Klopp, dalam konferensi pers-nya, di Melwood, kemarin WIB (21/12).

Arsenal akan menjamu Liverpool di Emirates Stadium, dalam pekan ke-19 Premier League, Sabtu dini hari nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News