Awas, Awal 2012 Bakal Marak Bencana Alam

BNPB Ingatkan Mayoritas Daerah di Jawa Rawan Banjir dan Longsor

Awas, Awal 2012 Bakal Marak Bencana Alam
Awas, Awal 2012 Bakal Marak Bencana Alam
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksikan pada awal 2012 mendatang banjir dan longsor akan melanda banyak daerah. BNPB mencatat, ratusan kabupaten/kota berisiko tinggi diterjang banjir dan longsor.

Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugrogo mengungkapkan, di Indonesia terdapat 172 kabupaten/kota yang berisiko tinggi dari bencana banjir. Sedangkan 118 kabupaten/kota berisiko sedang. Sementara untuk bencana longsor, 154 kabupaten/kota masuk dalam daerah berisiko tinggo. "149 kabupaten/kota masuk daerah berisiko sedang dalam bencana longsor," ucap Sutopo kepada JPNN, Rabu (16/11).

Lebih lanjut Sutopo menegaskan, ancaman banjir musim penghujan periode 2011-2012 sangat nyata. Analisis dari BMKG menunjukkan bahwa kondisi normal hingga La Nina lemah akan dominan sampai akhir tahun 2011.

"Awal musim hujan 2011/2012 hingga Agustus 2012, sirkulasi monsoon di Indonesia umumnya masih dalam kisaran normal. Saat ini meningkatnya suhu permukaan air laut di hampir sebagian besar perairan wilayah Indonesia menyebabkan pasokan uap air pembentuk awan berlimpah. Akibatnya terjadi hujan dengan intensitas tinggi," bebernya.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksikan pada awal 2012 mendatang banjir dan longsor akan melanda banyak daerah. BNPB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News