Awas! Ayam Potong Asal Sulawesi Mengandung Formalin

Awas! Ayam Potong Asal Sulawesi Mengandung Formalin
Awas! Ayam Potong Asal Sulawesi Mengandung Formalin

jpnn.com - NUNUKAN -- Warga Nunukan diimbau untuk lebih berhati-hati membeli ayam potong di pasaran. Sebab, tim gabungan pengawasan barang dan makanan siang, Kamis (6/2) menyita ratusan kilogram (Kg) ayam potong dalam keadaan beku siap jual di bilangan Pasar Pagi, Kelurahan Nunukan Timur.

Ayam potong jenis broiler ini diketahui didatangkan dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Lebih mengejutkan lagi, dari 6 pedagang yang ayam dagangannya dilakukan uji sampel, tiga diantaranya positif mengandung formalin!

“Uji sampel kami lakukan berulang-ulang. Hasilnya tetap sama, positif formalin!,” beber Ramsidah SKM MM.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Lingkungan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Nunukan ini mengatakan, ayam dagangan yang menunjukkan positif mengandung formalin, akan menjadi keputusan tim gabungan.

Dikatakan Ramsidah, penemuan ratusan kilogram daging ayam potong berformalin ini merupakan hasil pengembangan dinkes. Awalnya, salah seorang pengusaha katering di Nunukan mengajukan permohonan rekomendasi izin usaha.

Setelah dilakukan uji sampel terhadap katering yang bersangkutan, lauk berupa ayam yang telah diolah menunjukkan hasil positif formalin.

“Dari keterangan yang bersangkutan, ayam yang menjadi lauk dalam kateringnya di beli di Pasar Pagi. Makanya hari ini (kemarin, Red) secara tim turun memeriksa. Ternyata benar, banyak ayam yang dijual positif mengandung formalin,” ungkap Ramsidah.

Terpisah, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Nunukan Eddy SH MH mengatakan, berdasarkan kesepakatan tim, ayam potong yang positif mengandung formalin kita tarik dari pasaran.

NUNUKAN -- Warga Nunukan diimbau untuk lebih berhati-hati membeli ayam potong di pasaran. Sebab, tim gabungan pengawasan barang dan makanan siang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News