Awas, Difteri Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Awas, Difteri Bisa Sebabkan Kelumpuhan
Awas, Difteri Bisa Sebabkan Kelumpuhan
MALANG - Sekolah Dasar (SD) di Kota Malang dihimbau untuk waspada penularan difteri. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini mulai banyak terjadi dan terutama menyerang siswa usia SD. Karena itulah saat ini Kota Malang menggencarkan program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) sebagai langkah antisipasi penyebaran difteri ini.

Menurut Kepala SD bertaraf internasional Tlogowaru, Lilik Sulistyowati, sekolah saat ini bekerjasama dengan puskesmas Arjowinangun untuk merespon imbauan dari dinas pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatah (Dinkes) Kota Malang itu. ’’Untuk antisipasinya, rencananya akan ada kegiatan imunisasi untuk siswa dengan melibatkan dokter dari puskesmas,’’ ungkapnya.

Menurutnya sesuai dengan informasi dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdik Kecamatan Kedungkandang, dengan banyaknya angka kejadian luar biasa (KLB) difteri sekolah dihimbau waspada.

Kasus yang terjadi pada murid SD/MI di Kota Malang yang meningkat tajam selama tiga tahun terakhir hingga Juli 2011. Bahkan satu orang pada 2010 lalu meninggal karena difteri. Kota Malang saat ini menduduki angka kejadian tertinggi di Jawa Timur bahkan tingkat SEARO (South - East Asia Regional Office).

MALANG - Sekolah Dasar (SD) di Kota Malang dihimbau untuk waspada penularan difteri. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini mulai banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News